IbadahKonsultasi

Pahala Wudhu di Rumah Atau Kantor Sebelum Berangkat Sholat ke Masjid

Pahala Wudhu di Rumah Atau Kantor Sebelum Berangkat Sholat ke Masjid

Pembaca Bimbinganislam.com berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang pahala wudhu di rumah atau kantor sebelum berangkat sholat ke masjid, selamat membaca.

Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ana ingin bertanya tentang hadits yang menjelaskan keutamaan berwudhu / wudhu di rumah sebelum berangkat sholat ke masjid. Apakah dari hadits tersebut berarti diutamakan juga berwudhu di kantor jika berangkat sholat jamaah atau Jumat dari kantor?

(Disampaikan oleh Fulan, Admin N09)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, amma ba’du.

Insya Allah, berwudhu/wudhu di kantor kemudian keluar menuju masjid juga mendapatkan keutamaan seperti berwudhu/wudhu dari rumah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Baca Juga :  Adab Anak menasehati Orang Tua

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat.”
(Muslim: 1070)

Keutamaan berwudhu/wudhu dari rumah tersebut terletak pada langkah kakinya ketika berjalan menuju masjid, sehingga ketika seseorang berjalan dari kantornya menuju masjid dalam keadaan suci, maka dia akan mendapatkan keutamaan hadits di atas, karena yang dilihat adalah perjalanan menuju masjidnya bukan dari mana dia berjalan.

 

Wallahu a’lam,
Wabillahit taufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Senin, 18 Dzulhijjah 1440H / 19 Agustus 2019M



Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى 
klik disini

Baca Juga :  Mitos Ibu Hamil Tidak Boleh Membunuh Cicak?

Ustadz Muhammad Ihsan, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button