Tafsir Surat Hud Ayat 119 Tentang Pemberian Hidayah

Tafsir Surat Hud Ayat 119 Tentang Pemberian Hidayah

Tafsir Surat Hud Ayat 119 Tentang Pemberian Hidayah

 

Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ahsanallahu ilaikum Ustadz….
Mohon penjelasan tafsir surat Hud ayat 119
Jazaakallah khoiron

(Disampaikan oleh Rina Astika, Sahabat Bias T08 G-24)


Jawaban :

Wa’alaikumussalam warahmatullah waarakatuh.

Allah ta’ala berfirman :

إِلَّا مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ ۚ وَلِذَٰلِكَ خَلَقَهُمْ ۗ وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ

“Kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Tuhanmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat Tuhanmu telah ditetapkan : Sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya.”

(QS Hud : 119).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di berkata ketika menafsirkan ayat ini :

{إِلا مَنْ رَحِمَ رَبُّكَ} فهداهم إلى العلم بالحق والعمل به، والاتفاق عليه، فهؤلاء سبقت لهم، سابقة السعادة، وتداركتهم العناية الربانية والتوفيق الإلهي.
وأما من عداهم، فهم مخذولون موكولون إلى أنفسهم.
وقوله: {وَلِذَلِكَ خَلَقَهُمْ} أي: اقتضت حكمته، أنه خلقهم، ليكون منهم السعداء والأشقياء، والمتفقون والمختلفون، والفريق الذين هدى الله، والفريق الذين حقت عليهم الضلالة، ليتبين للعباد، عدله وحكمته، وليظهر ما كمن في الطباع البشرية من الخير والشر، ولتقوم سوق الجهاد والعبادات التي لا تتم ولا تستقيم إلا بالامتحان والابتلاء.
{وَ} لأنه {تَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ} فلا بد أن ييسر للنار أهلا يعملون بأعمالها الموصلة إليها.

“Firman Allah (kecuali yang dirahmati oleh Tuhanmu) dengan cara Allah memberikan hidayah pada mereka untuk mengetahui kebenaran dan beramal serta bersepakat di atasnya. Merekalah orang yang akan mendapatkan kabar kebahagiaan, serta mendapatkan kasih sayang Allah dan taufiq dari-Nya.

Adapun kelompok selain mereka, maka mereka akan menjadi kaum yang rugi serta tidak mendapatkan pertolongan Allah.

Dan firman Allah (Maka dari itu Allah menciptakan mereka), hikmah Allah menyebabkan Allah menciptakan mereka supaya ada diantara mereka yang bahagia, ada yang celaka, ada yang taat, ada yang menyimpang. Dan ada yang menjadi kelompok yang diberi petunjuk, ada pula yang menjadi kelompok sesat.

Agar hamba menjadi memahami keadilan serta hikmah Allah ta’ala. Agar menjadi tampak apa yang tersembunyi dari perwatakan manusia yang baik maupun yang buruk. Dan agar menjadi tegak jihad serta ibadah yang mana keduanya tidak bisa tegak melainkan setelah adanya ujian dan cabaran.

Dan karena (Kalimat Tuhanmu telah ditetapkan ; sesungguhnya Aku akan memenuhi neraka Jahannam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya) Sehingga harus ada manusia yang menjadi penghuni neraka yang mengamalkan amalan yang membuat mereka sampai ke dalamnya.”

(Tafsir As-Sa’di : 392).

Wallahu a’lam
Wabillahit taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
👤 Ustadz Abul Aswad Al Bayati, حفظه الله تعالى
📆 Kamis, 12 Sya’ban 1440 H/ 18 April 2019 M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS