hotUmum

Nasihat Bagi Yang Ingin Berhenti Kuliah

Nasihat Bagi Yang Ingin Berhenti Kuliah

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan: “Nasihat Bagi Yang Ingin Berhenti Kuliah Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz, saya ingin bertanya, begini Ustadz, saya sedang menjalani kuliah semester akhir namun pada kenyataannya kuliah tidak dapat membuat saya berubah dan saya merasa kuliah membuang2 waktu saya.

Pertanyaannya adalah apakah saya berdosa jika saya memutuskan untuk keluar kuliah Ustadz dengan pertimbangan saya akan lebih berkembang jika saya keluar dari kuliah karena perkuliahan penuh dengan peraturan dan tuntutan.

Sedang saya sudah tertinggal jauh dalam mata kuliah saya. Terima kasih Ustadz.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Twitter Bimbingan Islam)


Jawaban:

Hukum Berhenti Kuliah dalam Tinjauan Syariat

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.

Pertama, kuliah bukanlah sebuah kewajiban, sehingga kita perlu membahas dosa atau tidak. Jika demikian tentu banyak orang Indonesia yang berdosa karena tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Namun, hukum ini tentu bisa berubah jika dilihat kepada faktor lainnya, seperti: menunaikan amanah dan berbakti kepada orang tua. Jika Anda dibiayai oleh orang tua dari awal, maka ini merupakan amanah yang mewajibkan Anda harus rajin dan fokus untuk belajar, jika Anda bermain-main, tentu Anda berdosa karena sudah mengkhianati amanah tersebut, terlebih sudah banyak biaya yang keluar, Allah berfirman:

﴿إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِۚ …..

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya….”. (QS. An-Nisa’ : 58).

Baca juga: Hukum Kuliah di Kampus Umum

Pikirkan Lagi, Jangan Sampai Menyesal

Kedua, ketika Anda merasa berhenti kuliah bisa membuat Anda lebih berkembang, apakah ini hanya sekadar perasaan atau memang sudah ada langkah yang Anda pikirkan. Jangan sampai hal tersebut hanya menjadi alasan untuk berhenti, lalu ketika keluar kampus, ternyata Anda pun kembali malas untuk berkembang dan mulai menyesali keputusan berhenti kuliah.

Oleh karenanya, pikirkan dahulu baik-baik, pelajari langkah yang akan diambil lalu diskusikan dan dikomunikasikan dengan orang tua.

Semoga Allah memberikan taufik untuk kita semua.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Jumat, 22 Rabiul Awal 1443 H/ 29 Oktober 2021 M


Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى klik disini

Baca Juga :  Tidak Berputus Asa Dari Sakit Yang Dihadapi

Ustadz Muhammad Ihsan, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button