Metode Menyembelih Hewan Qurban Seorang Diri

Metode Menyembelih Hewan Qurban Seorang Diri

Metode Menyembelih Hewan Qurban Seorang Diri

Pada Artikel kali ini, redaksi Bimbinganislam.com akan memberikan penjelasan tentang bagaimana tatacara menyembelih hewan qurban, sapi maupun kambing, dengan hanya seorang diri.

Metode Penyembelihan Kambing Satu Orang

Menyembelih kambing kurban seringkali dilakukan dengan cara-cara klasik yang merepotkan dan membutuhkan banyak personil dan tenaga. Pada beberapa kasus di lapangan kita mendapati proses penyembelihan kambing kurban dilakukan beramai-ramai. Satu ekor kambing kurban membutuhkan tenaga tujuh orang.

Akan tetapi dengan belajar mengenal cara penyembelihan yang telah diajarkan oleh para ahli baik dari kalangan jagal profesional di RPH (Rumah Pemotongan Hewan) maupun petugas dari dinas peternakan. Sebenarnya penyembelihan kambing kurban bisa dilakukan dengan sederhana, dan hanya membutuhkan tenaga satu orang saja.

Cara ini mungkin terasa kurang nyaman bagi yang baru pertama melakukannya. Namun bagi yang sudah sering menggunakannya, cara ini sangat efektif, sederhana dan sangat hemat energi karena hanya membutuhkan tenaga satu orang saja. Berikut penjelasan tentang proses penyembelihan kambing kurban seorang diri :

1). Tangkap kedua kaki kambing yang samping kanan (depan dan belakang).

2). Kemudian angkat ke atas sampai kedua kaki yang lain tidak menyentuh tanah.

3). Letakkan pelan-pelan ke tanah sambil lutut kanan kita menekan sisi badan kambing dengan kuat agar kambing tidak bisa bangun.

4). Posisikan kepala kambing menghadap ke atas, tangan kiri memegang moncong kambing dan menekannya sehingga otot leher kambing meregang dengan sempurna. Peregangan otot leher bisa dilakukan dengan metode letter i (kepala dan badan kambing membentuk huruf i/ satu garis lurus) Atau letter L (kepala dan badan kambing membentuk huruf L)

5). Tangan kanan memegang pisau kemudian lakukan penyembelihan/ pengirisan  secepat mungkin dengan menggunakan metode dorong satu kali sayatan atau lebih.

Metode Menyembelih Sapi Seorang Diri

Sama halnya dengan proses penyembelihan kambing kurban, seringkali proses penyembelihan sapi kurban membutuhkan banyak orang. Berikut kami sampaikan cara penyembelihan sapi kurban yang bisa dilakukan dengan tenaga satu orang saja :

1). Sediakan tiga buah patok atau pohon dengan formasi segitia.

2). Ikatkan tali pengikat kelapa sapi ke titik satu. Kemudian kaki kanan belakang ditali diikatkan ke titik dua.

3). Lilitkan tali ke pinggang sapi lalu tarik dengan kuat ke arah titik tiga. Sapi akan terjatuh karena kaki kanan bagian belakang sudah terkunci.

4). Setelah sapi roboh, ikatkan tali pengikat pinggang tersebut ke titik tiga dengan kencang dan kuat.

5). Ikatlah seluruh kaki sapi dan gabungkanlah ke dalam satu simpul.

6). Arahkan moncong sapi ke arah atas dan tekanlah agar otot leher meregang sempurna.

7). Lipat gelambir dan injak dengan kaki, kemudian lakukan pengirisan dengan menggunakan pisau tajam dengan cepat, tepat dan akurat.

Untuk lebih jelasnya silahkan di simak video tutorial proses penyembelihan kambing dan sapi kurban yang dibuat oleh team bias tv.

Demikian semoga bermanfaat, wallahu a’lam bish showab.

 

 

Disusun oleh:
Ustadz Abul Aswad al Bayati حفظه الله
(Dewan Konsultasi Bimbinganislam.com)



Ustadz Abul Aswad al Bayati, BA حفظه الله
Beliau adalah Alumni Mediu, Dewan konsultasi Bimbingan Islam, dan da’i di kota Klaten.
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad al Bayati, BA حفظه الله
klik disini

CATEGORIES
Share This

COMMENTS