Doa Khusus Agar Orangtua Mendapatkan Hidayah Masuk Islam

Doa Khusus Agar Orangtua Mendapatkan Hidayah Masuk Islam

Apakah ada doa khusus agar orangtua mendapatkan hidayah masuk islam? Apakah Rasulullah pernah memberi contoh doa agar seseorang mendapatkan hidayah? Simak penjelasannya berikut ini! Semoga bermanfaat.

Doa Khusus Agar Orangtua Mendapatkan Hidayah Masuk Islam

Tanya Jawab Grup WA Admin Ikhwan Bimbingan Islam

Pertanyaan:

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Semoga rahmat, hidayah, rezeki selalu Allah limpahkan kepada ustadz dan keluarga.

Pertanyaan dari member

Adakah do’a khusus / amalan yang dibaca agar orang tua dapat hidayah masuk Islam?

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Ditanyakan oleh Admin N07)

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, Alhamdulillah, Wash-shalaatu wassalaamu ‘alaa Rasulillah wa ‘alaa aalihi wa ash-haabihi wa man tabi’ahum bi ihsaanin ilaa yaumil qiyaamah, amma ba’du.

Kita memohon kepada Allah agar memberikan taufik pada setiap huruf yang tertulis, dan kita juga memohon agar kita terbimbing kepada jalan yang lurus.

Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendoakan ibu Abu Hurairah agar masuk islam dengan mengatakan:

اللهُمَّ اهْدِ أُمَّ أَبِي هُرَيْرَةَ

ALLAHUMMAHDI UMMA ABI HURAIRAH (Ya Allah berikah hidayah kepada Ibu Abu Hurairah.) (HR. Muslim no. 2491).

dan pada akhir jawaban nanti InsyaAllah saya cantumkan hadits lengkapnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah berdoa untuk Umar bin Al-Khattab sebelum masuk islam,

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ بِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ خَاصَّةً

Ya Allah muliakan agama islam dengan Umar bin Al-Khaththab secara khusus. (Lihat silsilah hadits shahih karya Syaikh Al-Albani no. 3225)

Kemudian yang harus diingat saat berdoa, kita harus yakin bahwa doa kita dikabulkan oleh Allah, tapi kita juga tidak bisa lupa, bahwa paman Nabi saja tidak bisa masuk islam, padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menginginkannya.

Hingga Allah pun berfirman:

 إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

Engkau tidak bisa memberikah hidayah kepada orang yang engkau cintai, akan tetapi Allah memberikah hidayah kepada orang yang ia kehendaki, dan Ia lebih tahu siapa orang-orang yang bisa diberi hidayah. (QS. Al-Qashash: 56)

Wallahu a’lam

Dan berikut hadits yang menceritakan doa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibu Abu Hurairah dalam riwayat Imam Muslim di atas:

Abu Hurairah Bersemangat Mendakwahi Ibunya

Dulu, saya sering mengajak ibu saya untuk masuk islam, ketika ia masih musyrik. Pada suatu hari saya mengajaknya untuk masuk ke dalam islam, tetapi ia mengutarakan kata-kata yang tidak saya sukai tentang diri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Abu Hurairah Mendatangi Rasulullah dan Mengadu

Kemudian saya datang menemui Rasulullah sambil menangis dan berkata: Ya Rasulullah, saya sering mengajak ibu saya untuk masuk islam, tetapi ia selalu menolak dan malah mengucapkan kepada saya kata-kata yang tidak saya sukai tentang engkau. Oleh karena itu mohonkanlah kepada Allah agar ibu saya mendapatkan petunjuk dan hidayah-Nya.’

Doa Rasulullah untuk Ibu Abu Hurairah

Setelah mendengar penjelasan saya. Rasulullah langsung berdo’a: ‘Ya Allah, berikanlah hidayah kepada ibu Abu Hurairah!’

Doa Rasulullah Dikabulkan

Lalu saya kembali ke rumah dengan perasaan gembira karena doa Rasulullah tersebut. Setibanya di rumah, saya mendapati pintu rumah masih tertutup. lbu saya mendengar derap langkah saya lalu berkata; Hai Abu Hurairah, berhentilah sejenak! ‘ Kemudian saya mendengar suara tumpahan air. Ternyata ibu saya sedang mandi. Ia segera berpakaian dan mengenakan kerudung. Ia membuka pintu seraya berkata; Hai Abu Hurairah, sekarang aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.’

 Abu Hurairah Kembali kepada Rasulullah dengan Bahagia

Abu Hurairah berkata; “Lalu saya kembali lagi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saya datangi beliau sambil menangis karena perasaan gembira. Saya berkata; ‘Ya Rasulullah, saya sungguh senang dan gembira, AIIah telah mengabulkan doa engkau. Dan Allah telah memberikan hidayah-Nya kepada ibu saya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji Allah dan mengucapkan syukur kepadaNya.

Doa Meminta Agar Dicintai Orang Yang Beriman

Saya berkata; ‘Ya Rasulullah, mohonkanlah kepada Allah agar saya dan ibu saya mencintai orang-orang mukmin dan mereka juga mencintai kami! ‘ Kemudian Rasulullah berdoa:

اللَّهُمَّ حَبِّبْ عُبَيْدَكَ هَذَا – يَعْنِي أَبَا هُرَيْرَةَ – وَأُمَّهُ إِلَى عِبَادِكَ الْمُؤْمِنِينَ، وَحَبِّبْ إِلَيْهِمُ الْمُؤْمِنِينَ

‘Ya Allah, jadikanlah hamba-Mu yang kecil ini (yaitu Abu Hurairah dan ibunya) cinta kepada orang-orang mukmin serta jadikanlah mereka cinta kepada keduanya!’ Maka tidak ada seorang mukmin yang mendengar nama saya dan tidak bertemu dengan saya melainkan ia cinta kepada saya.”

Wallahu A’lam

Wabillahittaufiq.

Baca juga: Doa Ketika Terpilih Sebagai Pemimpin | Sebab-Sebab Terkabulnya Doa | Adakah Doa Masuk Kantor? | Tentang Doa Keselamatan Dari Kematian Mendadak

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Ratno, Lc.
Selasa, 21 Shafar 1440H / 30 Oktober 2018M



Ustadz Ratno, Lc.
Kontributor Bimbingan Islam (BIAS), alumni Universitas Islam Madinah jurusan Hadits
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Ratno حفظه الله  
klik disini

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS