Artikel

Begini Cara Beristighfar Untuk Mayyit

Pendaftaran AISHAH Online Angkatan 2

Begini Cara Beristighfar Untuk Mayyit

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Begini Cara Beristighfar Untuk Mayyit. selamat membaca.

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz, semoga selalu dlm lindungan Allah subhanllahu wa ta’ala (allahumma aamiiin). Bagaimana caranya beristighfar untuk mayit? Syukran ya ustadz

Ditanyakan oleh Santri Mahad Bimbingan Islam


Jawaban:

Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarokatuh

Aamiin, semoga Allah juga membemerikan selalu kebahagiaan di dalam kita semua.

Beristighfar atau meminta ampunkan kepada Allah dengan setiap kesalahan yang pernah terjadi hendaknya dilakukan oleh seorang hamba untuk dirinya sendiri ketika masih hidup dan untuk orang lain, baik mereka masih hidup ataupun mereka sudah meninggal.

Meminta ampun dari suatu kesalahan bisa dilakukan dengan cara khusus dengan menyebutkan kesalahan apa yang pernah dilakukan atau dengan meminta ampun dari kesalahan umum tanpa menyebutkan kesalahan tertentu, karena tentunya terlalu banyak kesalahan yang pernah dilakukan oleh seorang hamba.

Meminta ampun atau berdoa kepada Allah untuk mengampuni dosa dan kesalahan bisa diucapkan sesuai dengan doa yang telah diajarkan di dalam al-quran dan hadist ataupun bisa di lakukan dengan bahasa yang kita pahami, semua di perbolehkan dan dianjurkan.

Walaupun bila mengikuti apa yang telah diajarkan dan dengan berbahasa arab ada keutamaan tersendiri karena bisa di baca di dalam sujud dan shalat kita.

Firman Allah ta`ala,”

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Baca Juga:  Hukum Wanita Memakai Surban

“Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir : 60).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ، تُوبُوا إِلىَ اللهِ واسْتَغْفِرُوهُ ، فَإِنِّي أَتُوبُ فِي الْيَومِ مِئَةَ مَرَّةٍ

“Wahai manusia! Bertaubatlah kalian kepada Allâh dan mintalah ampunan kepada-Nya, karena sesungguhnya aku bertaubat kepada Allâh setiap hari 100 kali.” (HR. Muslim)

Berdoa kepada orang tua bahkan untuk semua kaum muslimin termasuk di dalamnya kerabat, teman dan semua kaum muslimin bisa dengan menggunakan lafadz yang telah disebutkan dalam firman Allah,”

[TS_Poll id="2"]

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu’min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS: Ibrahim : 41)

Dan sebagainya dari kalimat baik dan dianjurkan, baik dari alquran ataupun dari alhadist.

Wallahu A’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله

Jum’at, 2 Rajab 1444H / 23 Januari 2023 M 


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button