Umum

Bagaimana Tahapan Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Bagaimana Tahapan Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tahapan belajar bahasa arab bagi pemula. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ustadz.

Semoga Allah selalu melindungi ustadz dan segenap tim Bimbingan Islam. Aamiin

Izin bertanya ustadz, bagaimana tahapan tahapan belajar bahasa arab bagi pemula seperti saya? Apakah belajar nahwu terlebih dahulu ataukah belajar bahasa seperti Durusullughah? Jazaakumullahu khairan.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Grup WA)


Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Semangat dan keinginan untuk mempelajari bahasa arab adalah anugerah dari Allah yang harus senantiasa disyukuri. Apabila kita rajin bersyukur maka Allah akan menambahkan anugerah tersebut kepada kita.

Tidak berlalu hari melainkan Allah akan anugerahkan semangat berlebih dari hari sebelumnya. Namun jika semangat untuk belajar ini tidak kita syukuri, lambat laun Allah akan mencabut anugerah tersebut dari kita. Allah ta’ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS Ibrahim : 7).

Baca Juga:  Mohon Penjelasannya Mengenai Taubat Suudzon

Kemudian berkaitan dengan kitab apa yang harus kita pelajari jawabnya adalah kitab-kitab yang memang ditulis untuk dipelajari oleh para pemula. Apakah itu Durusullughah, atau kitab nahwu atau kitab sharaf.

Semua kitab ini lahir dari perjuangan, lahir dari penelitian dan keikhlasan penulisnya. Semuanya baik, semuanya bermanfaat, tinggal bagaimana kesabaran, ketekunan dan keikhlasan kita di dalam mempelajarinya.

Tidak mudah putus asa, tekun, sabar, dan mendengarkan serta melaksanakan arahan Ustadz. Serta banyak banyak berdoa agar Allah memudahkan bagi kita proses belajar bahasa arab.

Namun demikian kami menyarankan untuk mempelajari kitab untuk pemula yang paling antum sukai. Pilihlah kitab yang paling antum sukai atau mintalah rekomendasi dari ustadz yang akan mengajari antum.

Ikhlaskanlah niat mempelajari bahasa arab karena ridha Allah ta’ala. Untuk mengangkat kejahilan dari diri sendiri dan dari orang lain. Wallahu a’lam.

[TS_Poll id="2"]

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Kamis, 5 Ramadan 1443 H/ 7 April 2022 M

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Abul Aswad Al Bayati, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button