Adab & AkhlakFiqihUmum

Apa Hukum Seseorang Menulis Diary?

Apa Hukum Seseorang Menulis Diary?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan mengenai hukum menulis diary. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillah. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ahsanallahu ilaykum. Semoga ustadz selalu dalam lindungan Allah. Aamiin Allahumma Aamiin.

‘Afwan ustadz. Ana izin bertanya. Apa hukumnya seseorang menulis diary? Yang isi diary tersebut adalah tentang hari-harinya dan tentang perasaannya.

Syukron jazaakumullahu khairan wa baarakallahu fiikum.

(Ditanyakan oleh Fulanah – Sahabat BiAS melalui grup WhatsApp)


Jawaban:

Hal ini dikembalikan kepada maslahat dan mudharat yang ada, dilihat dari kegunaannya dan kemaslahatan apa yang ingin dicapai.

Seandainya kita mencatat kejadian sehari-hari untuk sebagai kenangan, maka lebih baik tidak usah mencatatnya, karena sering mengingat kenangan hanya akan membuat seorang muslim terhenti dari amalan, apalagi jika kenangan tersebut mendatangkan kesedihan.

Baca Juga :  Wahyu Shalat Ketika Isra' Mi'roj

Oleh karenanya seorang muslim hendaklah bijak dalam mengisi kesehariannya.

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Selasa, 22 Jumadil Akhir 1443 H/ 25 Desember 2022 M


Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Muhammad Ihsan, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button