KonsultasiNikah

Wanita Menikah Beberapa Kali, Suami Mana yang Akan Menemaninya di Surga?

Wanita Menikah Beberapa Kali, Suami Mana yang Akan Menemaninya di Surga?


Pertanyaan :
Afwan ustadz.
Apa benar klo kelak di surga kita akan dipertemukan dan dikumpulkan dengan suami terakhir kita dulu di dunia?
Semisal,  kita bercerai di dunia tapi tdk menikah lagi,  lalu meninggal,  benarkah
Di surga pasangan kita itu suami kita yg dulu di dunia ??
Jazakumullahu khoir ..


Jawaban :

Permasalahan siapa yang akan menjadi suami seorang wanita di surga, apabila wanita tersebut menikah lebih dari satu kali di dunia, merupakan permasalahan yang diperselisihkan para ulama. Ada yang mengatakan, suaminya di surga adalah yang terbaik diantara suami – suaminya di dunia, ada yang mengatakan wanita tersebut diberikan izin untuk memilih, ada juga yang mengatakan wanita tersebut bersama suami terakhirnya di dunia.

Baca Juga :  Kriteria Calon Pasangan yang Paling Penting Adalah Agamanya

Wallahu a’lam, pendapat yang didukung dalil adalah pendapat ketiga, yaitu wanita tersebut dinikahkan dengan suaminya yang terakhir. Rasulullah ﷺ bersabda:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ تُوُفِّيَ عَنْهَا زَوْجُهَا فَتَزَوَّجَتْ بَعْدَهُ فَهِيَلِ آخِرِأَزْوَاجِهَا

“Wanita manapun yang ditinggal mati suaminya, lalu ia menikah setelahnya maka dia akan bersama suami terakhirnya”. (HR. Thabrani di dalam kitabnya almu’jamul ausath, dan dishahihkan oleh syaikh Albany).

Namun, ini berlaku untuk para wanita yang suaminya meninggal, karena dia menjadi wanita tersebut sampai akhir hayatnya.

Berbeda halnya dengan wanita yang dicerai. wanita yang dicerai lalu meninggal sama hukumnya dengan wanita yang tidak bersuami, begitu juga wanita yang suaminya adalah penduduk neraka, mereka semua memiliki hukum yang sama, yaitu Allah akan menikahkan mereka dengan salah satu penduduk surga, karena di surga tidak ada lagi yang hidup tanpa pasangan, rasulullah ﷺ bersabda:

Baca Juga :  Kencing Kucing yang Sudah Kering di Lantai, Apakah Najis?

وما في الجنة أعزب

“di surga tidak ada satupun yang jomblo” (HR. Muslim: 2834).

Wallahu a’lam

USTADZ MUHAMMAD IHSAN, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button