Tasyabuh Mengatupkan Kedua Tangan

Tasyabuh Mengatupkan Kedua Tangan

Pertanyaan:

السلام عليكم و رخمة الله و بركاته

Bismillah, saya mau menanyakan bagaimana hukumnya mengatupkan ke dua telapak tangan menjadi satu ,seperti orang nasrani sedang berdoa, apakah berarti kita mengikuti cara mereka? Karena saya sering juga masih melihat para ustadz yang melakukan demikian.
Mohon jawabannya dan jazakumullah khoiron.

Dari Hamba Alloh di Bogor Anggota Grup T04 G-61

Jawab:

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وبعد.

Sebelum menjawab, ada baiknya jika kita fahami terlebih dahulu apa definisi tasyabbuh (menyerupai) dalam istilah syariat.

Tasyabbuh secara bahasa artinya meniru.
Adapun secara istilah artinya:

محاكاة من تقصد مباينته في شيء من خصائصه مطلقاً، وفي غير ما يختص به قصداً.

Meniru-niru suatu pihak yang kita diperintahkan untuk berbeda dengannya, dan ini berlaku mutlak jika hal tersebut merupakan kekhususan mereka. Namun jika bukan merupakan kekhususan mereka, maka baru dianggap tasyabbuh bila diniatkan untuk tiru-tiru.

Nah, jika mengatupkan kedua tangan merupakan ciri khas orang kafir, berarti dilarang menirunya secara mutlak kecuali ketika ada udzur syar’i, seperti dalam kondisi terpaksa. Namun bila bukan merupakan ciri khas mereka, maka baru dilarang jika ada niat sengaja meniru mereka.

Namun agaknya mengatupkan kedua tangan hari ini sudah cukup tersebar di kalangan kaum muslimin, terutama ketika mereka ingin mengucapkan selamat idul fitri/idul adha… sehingga tidak menjadi ciri khas agama mereka, terlebih di waktu-waktu hari raya.

Wallahu a’lam.

Ref: http://www.ahlalhdeeth.com/vb/archive/index.php/t-158459.html

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS