Tafsir QS At – Taubah : 19

Tafsir QS At – Taubah : 19

Tafsir QS At – Taubah : 19

Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ustadz, saya ingin bertanya tentang tafsir dari QS At-Taubat ayat 19? Karena saya kurang paham Ustadz. Mohon penjelasannya.

جَزَاك الله خَيْرًا

(Disampaikan Oleh Sahabat BIAS)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Allah ta’ala berfirman:

۞ أَجَعَلْتُمْ سِقَايَةَ الْحَاجِّ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ كَمَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَجَاهَدَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ لَا يَسْتَوُونَ عِنْدَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Apakah (orang-orang) yang memberi minuman orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil haram kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta bejihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.” (QS At-Taubah: 19)

Ayat ini turun untuk membantah anggapan orangg-orang musyrik yang mana mereka memberikan pelayanan kepada para jamaah haji dan mencela orang-orang yang beriman. Kemudian menyangka bahwa perbuatan mereka itu lebih baik dibandingkan keimaman dan jihad yang dilakukan oleh kaum muslimin.

Padahal apalah arti dari sebuah amal shalih jika tidak disertai adanya tauhid. Al-Wahidi menyatakan:

﴿ أجعلتم سقاية الحاج ﴾ قال المشركون: عمارة بيت الله وقيامٌ على السِّقاية خيرٌ من الإِيمان والجهاد فأنزل الله تعالى هذه الآية وسقاية الحاج: سقيهم الشَّراب في الموسم

“Firman Allah ; Apakah kalian menganggap memberi minum kepada jamaah haji maknanya Orang musyrikin mengatakan ; Memakmurkan Baitullah dan memberi minum kepada jamaah haji itu lebih utama dari pada keimanan dan jihad. Maka ALlah lantas menurunkan ayat ini, makna dari Siqayatul haj adalah memberi minum kepada para jamaah haji tatkala musim haji.” (Al-Wajiz Fi Tafsiril Kitabil Aziz oleh Al-Wahidi).

Wallahu a’lam, wabillahittaufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
👤 Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله
📆 Senin, 04 Rarab 1440 H / 11 Maret 2019 M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS