IbadahKonsultasi

Sikap Ketika Membaca Artikel Tentang Agama

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Sikap Ketika Membaca Artikel Tentang Agama

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Sikap Ketika Membaca Artikel Tentang Agama, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saya membaca postingan yang berisikan tentang hak suami, “…seandainya kalian mengetahui hak suami kalian (yang harus ditunaikan) oleh kalian, niscaya seorang dari kalian yang akan mengusap debu pada dua telapak kaki suaminya… ” (https://salafytemanggung.com/besaya-kedudukan-seorang-suami/)
Dan saya refleks menutup postingan tersebut karena saya membayangkan saya sedang mengusap debu kaki suami saya. Namun, saya langsung teringat, saya seharusnya tidak bersikap seperti itu karena ini adalah ilmu, maka saya buka kembali postingan tersebut dan membacanya dengan baik-baik dan berlapang dada.
Apakah saya berdosa ustadz dengan sikap saya tersebut? Apakah hal ini termasuk menolak syariat? Saya was-was dan gelisah ustadz memikirkan sikap saya tadi Mohon nasihatnya Ustadz
جزاك اللهُ خيراً

(Ditanyakan Oleh Mahad Bimbingan Islam)


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Tidak perlu khawatir, boleh jadi anda hanya kaget saja. Intinya memang besar kedudukan suami dalam syariat Islam, bahwa suami yang saleh dan bertakwa, serta berbuat baik pada istrinya dan keluarganya adalah sebuah kemuliaan agung, sebagaimana perhiasan yang paling indah di dunia ini adalah wanita salehah.

Riwayat Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah.” (HR. Muslim, no. 1467).

Begitu Juga Kedudukan Suami Di Mata Istri, Ketaatan Istri Pada Suaminya Adalah Jaminan Surganya.

Dari sahabat mulia Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulannya, menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Suami adalah surga atau neraka bagi seorang istri. Keridhoan suami menjadi keridhoan Allah. Istri yang tidak diridhoi suaminya karena tidak taat dikatakan sebagai wanita yang durhaka dan kufur nikmat.

Rasul Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah juga memberitahukan para sahabatnya bahwa beliau melihat wanita adalah penghuni neraka terbanyak. Seorang wanita pun bertanya kepada beliau mengapa demikian? Rasulullah pun menjawab bahwa diantaranya karena wanita banyak yang durhaka kepada suaminya. (HR. Bukhari & Muslim).

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul, S.Ag. حافظه الله

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button