Nikah

Rencana Menikah Tapi Gagal, Ini Solusinya!

Rencana Menikah Tapi Gagal, Ini Solusinya!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan mengenai solusi rencana menikah tapi gagal. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, mendengar kajian tentang pernikahan, saya izin ingin bertanya ustadz.

Jadi saya memang sudah ada calon, tetapi tiba-tiba calon saya ragu dan bilang tidak ingin menikah karena dia keterima di CPNS kementerian yang di mana lingkungan kerjanya tidak baik, kotor, seperti korupsi dan lain-lain.

Dia ragu dan takut karena jika nanti menikah dia takut akan menafkahi keluarganya dengan hal yang tidak baik dan takut tidak bisa membimbing keluarganya dengan baik, dia bilang dia tidak ingin menikah sampai dia keluar dari PNS itu yaitu sekitar 10 tahun lagi, kalau keluar sekarang dia kena denda.

Baca Juga:  Suami Mualaf, Apakah Harus Menceraikan Istri yang Beragama Selain Islam?

Saya sedih Ustadz, karena kami sudah ada rencana menikah tiba-tiba dia bilang seperti itu karena dia baru masuk di CPNS ini, dia malah suruh saya cari imam yang baik saja, dia merasa dia tidak baik karena berada di lingkungan yang seperti itu.

Saya sudah coba bicara baik-baik agar dia tetap usaha berdoa agar dijauhkan dengan hal yang buruk oleh Allah, namun hati dan pikirannya sangat keras, dia malah bilang ke saya kalau saya tidak paham agama jadinya tidak tahu mana yang baik dan yang buruk.

Mohon masukannya Ustadz dan mohon doanya juga supaya ada jalan keluar. Jazakallahu khairan.

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)

Baca Juga:  Menyerahkan Urusan Keuangan Kepada Istri?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullah Wabarakatuh

Jika niat pria itu seperti itu, maka semoga Allah Ta’ala mengganti dengan jodoh yang terbaik. Pernikahan itu dimulai dengan niat dan amal yang baik, bukan ragu dan lari dari usaha dan tanggung jawab.

Bertaqwalah pada Allah Ta’ala, bahwa jodoh yang baik itu adalah mereka yang berusaha menjaga dirinya dari segala hal buruk dan maksiat, serta mencari jalan keselamatan, bukan kerapuhan dan ketergelinciran.

Baca: Cara Mencari Jodoh

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Selasa, 8 Dzulqo’dah 1443 H/ 7 Juni 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik di sini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button