Penerapan Kaedah Maslahat Dan Madhorot

Penerapan Kaedah Maslahat Dan Madhorot

Pertanyaan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz, ana ingin bertanya:

Terkait materi 1 dan 2 yang terdapat dalam Kitab Mu’aamalatul Hukkam, bagaimana menerapkan kaidah maslahat dan mudhorat dengan kondisi seperti itu?

Dan siapakah yang berhak menentukannya (maslahat/mudhorat)?

Syukron, Ustadz.
Jazaakallaahu khoiron.

(Wasis, Admin BiAS N01)

Jawaban

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Secara umum yang menentukannya adalah para ulama‘. Allah ta’ala berfirman :

“Maka bertanyalah kepada para ulama’ jika kalian tidak mengetahui.” (QS An-Nahl : 43).

Yang kedua jika yang dimaksud maslahat madharat berkenaan dengan kebolehan memberontak pada penguasa, untuk kasus di Jakarta misalnya. Hatta kita semua meskipun awam mengetahui dengan sangat jelas dan gamblang bahwa kaum muslimin tidak memiliki kemampuan untuk memberontak. Mereka tidak memiliki senjata, mereka tidak memiliki kekuatan militer dst dst.

Gambaran umum seperti inilah yang pernah diisyaratkan oleh Imam ahlis sunnah di zaman ini Al-Imam Abu Abdillah Muhammad Ibnu Shalih Al-Utsaimin rahimahullah ta’ala beliau berkata :

ولهذا لو قال لنا قائل الآن: لماذا لا نحارب أمريكا وروسيا وفرنسا وإنجلترا؟! لماذا؟! لعدم القدرة, الأسلحة التي قد ذهب عصرها عندهم هي التي في أيدينا، وهي عند أسلحتهم بمنزلة سكاكين الموقد عند الصواريخ, ما تفيد شيئاً, فكيف يمكن أن نقاتل هؤلاء؟ ولهذا أقول: إنه من الحمق أن يقول قائل أنه يجب علينا أن نقاتل أمريكا وفرنسا وإنجلترا وروسيا! كيف نقاتل؟ هذا تأباه حكمة الله عز وجل, ويأباه شرعه, لكن الواجب علينا أن نفعل ما أمر الله به عز وجل “وأعدوا لهم ما استطعتم من قوة”، هذا الواجب علينا أن نعدلهمما استطعنا من قوة، وأهم قوة نعدها هو الإيمان والتقوى

“’Maka dari itu jika ada orang berkata kepada kita sekarang ; Mengapa kita tidak memerangi Amerika, Rusia, Perancis, Inggris? kenapa ? karena ketiadaan kemampuan. Seluruh persenjataan modern yang ada di zaman ini milik mereka. Dan senjata yang kita miliki dibandingkan dengan senjata mereka seperti pisau dapur yang berhadapan dengan bom roket, tidak ada artinya sama sekali.

Bagaimana kita akan memerangi mereka ? Maka dari itu aku katakan termasuk ketololan jika ada orang berkata ; Kita wajib memerangi Amerika, Rusia, Perancis, Inggris.

Bagaimana cara kita memeranginya, ini merupakan hal yang tidak mencocoki hikmah Allah dan syariat. Akan tetapi wajib bagi  kita untuk melaksanakan apa yang Allah perintahkan ; ‘Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi.’ (QS Al-Anfal : 60).

Ini kewajiban kita untuk menyamai mereka dari sisi kekuatan sesuai kemampuan kita. Dan kekuatan terpenting yang kita gunakan untuk menghadapi mereka ADALAH KEKUATAN KEIMANAN SERTA KETAQWAAN.”

(Syarah Kitabul Jihad Bulughul Maram, kaset 1, side B).

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh :

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله

Kamis, 23 Rabi’ul Awwal 1438 H/ 22 Desember 2016 M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS