hotNikah

Menikahi Akhwat Yang Jauh Lebih Tua?

Menikahi Akhwat Yang Jauh Lebih Tua?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan nasihat bagi yang sedang bimbang apakah lanjut menikahi akhwat yang jauh lebih tua? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Beri ana nasihat untuk ana yang kenal akhwat yang beda 5 tahun usianya, dia lebih tua dari ana, umur ana 24 dan dia sekarang 29, ana bingung ustadz apa ana lanjut atau tidak, syukran ustadz jazakallahu khair.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Twitter Bimbingan Islam)


Jawaban:

Selama akhwat yang Anda ingin nikahi Anda yakini mempunyai kriteria yang telah Rasulullah pilihkan dengan baiknya agama yang dimiliki dan akhlak yang terpuji, ditambah Anda meyakinkan pilhan Anda dengan melakukan shalat istikharah maka masalah usia jangan dijadikan masalah dalam suatu pernikahan.

Baca Juga :  Suami Minta Ijin Poligami, Apa Boleh Ditolak?

Sebagaimana sabda Rasulullah shallahu alaihi wasallam, “Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari no.5090, Muslim no.1466).

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Selasa, 19 Syaban 1443 H/ 22 Maret 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik disini

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button