Motivasi Menghafal Al Quran yang Berbuah Surga bimbingan islam
Motivasi Menghafal Al Quran yang Berbuah Surga bimbingan islam

Motivasi Menghafal Al Quran yang Berbuah Surga

Para pembaca Bimbinganislam.com yang mencintai Allah ta’ala berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang motivasi menghafal al quran yang berbuah surga.
selamat membaca.


Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Semoga ustadz dan admin serta kita semua dijaga Allah.

Kami ingin bertanya, apa motivasi yang baik untuk kita menghafal Al Quran?
Kebanyakan terbesit di hati untuk ditunjukkan banyaknya hafalan kita. Mohon nasehatnya ustadz.

(Disampaikan oleh Fulan, Member grup WA BiAS)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du

Motivasi untuk menunjukkan banyaknya hafalan adalah motivasi yang keliru. Dan itu merupakan was-was syaithan untuk menerjusmuskan manusia ke dalam jurang kebinasaan. Dan kita harus senantiasa ingat bahwa diantara manusia yang pertama kali dibakar di neraka adalah para pembaca Al-Qur’an (yang tidak ikhlas karena Allah),Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَرَجُلٌ تَعَلَّمَ الْعِلْمَ وَعَلَّمَهُ وَقَرَأَ اْلقُرْآنَ فَأُُتِيَ بِهِ فَعَرَّفَهُ نِعَمَهُ فَعَرَفَعَهَا, قَالَ: فَمَا عَمِلْتَ فِيْهَا؟ قَالَ: تَعَلَّمْتُ الْعِلْمَ وَعَلَّمْتُهُ وَقَرَأْتُ فِيْكَ اْلقُرْآنَ, قَالَ:كَذَبْتَ, وَلَكِنَّكَ تَعَلَّمْتَ الْعِلْمَ لِيُقَالَ: عَالِمٌ وَقَرَأْتَ اْلقُرْآنَ لِيُقَالَ هُوَ قَارِىءٌ ، فَقَدْ قِيْلَ ، ثُمَّ أُمِرَ بِهِ فَسُحِبَ عَلَى وَجْهِهِ حَتَّى اُلْقِيَ فيِ النَّارِ

“Berikutnya orang (yang diadili) adalah seorang yang menuntut ilmu dan mengajarkannya serta membaca al Qur`an. Ia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatannya, maka ia pun mengakuinya.

Kemudian Allah menanyakannya: ‘Amal apakah yang telah engkau lakukan dengan kenikmatan-kenikmatan itu?’
Ia menjawab: ‘Aku menuntut ilmu dan mengajarkannya, serta aku membaca al Qur`an hanyalah karena engkau.’
Allah berkata : ‘Engkau dusta! Engkau menuntut ilmu agar dikatakan seorang ‘alim (yang berilmu) dan engkau membaca al Qur`an supaya dikatakan (sebagai) seorang qari’ (pembaca al Qur`an yang baik). Memang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).’ Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeret atas mukanya dan melemparkannya ke dalam neraka.”
(HR Muslim : 1905).

Motivasi yang selayaknya kita bangun didalam membaca Al-Quran adalah motivasi yang sudah dijelaskan oleh Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam di dalam banyak hadits beliau yang mulia diantaranya : Untuk merealisasikan ibadah kepada Allah ta’ala karena membaca Al-Qur’an adalah salah satu ibadah yang agung di dalam Islam.

Agar Al-Qur’an kelak memberikan syafaat kepada pembacanya. Agar kita diberikan pahala sepuluh kebaikan atas setiap satu huruf yang kita baca. Agar kelak Allah ta’ala memuliakan kedua orang tua kita tatkala kita berhasil menjadi seorang penghafal Al-Qur’an.

Agar Allah ta’ala mengangkat derajat kita di surga sesuai dengan kadar bacaan Al-Quran yang mampu kita baca. Dan motivasi kebaikan lainnya yang teramat sangat banyak sekali jumlahnya.

Semoga bermanfaat,
Wallahu ta’ala a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله
Kamis, 25 Dzulqo’dah 1441 H/ 16 Juli 2020 M



Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله  
klik disini