KeluargaNikah

Menikah Dengan Perjanjian Menunda Memiliki Anak, Bagaimana Hukumnya?

Menikah Dengan Perjanjian Menunda Memiliki Anak, Bagaimana Hukumnya?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan menikah dengan perjanjian menunda memiliki anak, bagaimana hukumnya? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillah. Walhamdulillah, semoga Allah merahmati atas ilmu ustadz beserta keluarga. Izin bertanya ustadz. Apabila seorang anak perempuan diizinkan oleh orang tuanya menikah, namun dengan perjanjian harus menunda memiliki momongan sampai ia tamat kuliah profesi. Apakah hal ini diperbolehkan?

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Menikah dengan perjanjian suami harus menunda memiliki momongan sampai istri tamat kuliah profesi adalah tidak boleh menurut pendapat yang benar, karena alasan di sini kurang kuat, dan teranggap perjanjian yang melanggar batasan, beda kalau menundanya karena istri sakit dan belum siap untuk memiliki anak berdasarkan keterangan dokter ahli, maka alasan ini dapat diterima insyaAllah.

Baca Juga:  Runyam Karena Milih Pasangan Beda Agama

Di antara tujuan menikah adalah mendapatkan keturunan yang shalih/shalihah, tetapi ketika tujuannya terhalang, maka untuk mencegah tujuannya ini tercapai walaupun hanya sementara diperlukan alasan yang sangat kuat. Tambahan juga bahwa istri itu harus selesai pendidikan formal dulu bukan menjadi alasan kuat untuk menunda memiliki anak.

Dari sahabat Ma’qil bin Yasar radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda;

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ فَإِنِّيْ مُكَاشِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

Nikahilah perempuan yang pecinta (yakni yang mencintai suaminya dan punya karakter penyayang) dan yang dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (yang terdahulu)” (Hadis shahih, HR. Abu Daud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan lainnya)

Baca Juga:  Anak Angkat Dalam Islam

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Kamis, 28 Dzulhijjah 1443 H/ 28 Juli 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button