NikahWanita

Menawarkan Diri Kepada Lelaki Yang Shalih

Menawarkan Diri Kepada Lelaki Yang Shalih

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab tentang menawarkan diri kepada lelaki yang shalih. Selamat membaca.


Pertanyaan:

Jika seseorang perempuan menyukai lelaki yang shalih karena kesalihannya, apa yang harus dilakukan seorang akhwat tersebut ustadz, apakah harus menunggu atau harus berusaha melupakan karena takut jika perasaan tersebut menjadi dosa?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)


Jawaban:

Menyukai lawan jenis pada asalnya bukanlah sebuah dosa, karena hal tersebut merupakan perkara hati, yang manusia tidak memiliki kuasa untuk melawan perasaan tersebut. Namun, dia bisa menjadi benih dosa, ketika perasaan suka tersebut berubah menjadi tindakan, seperti mulai menghubungi orang tersebut, berpacaran, atau membiarkan hati selalu memikirkannya.

Solusinya, jika memang Anda mau, sampaikan kepada wali Anda, untuk meminta laki-laki tersebut datang melamar, dan itu bukanlah sebuah ‘aib jika memang laki-laki tersebut adalah seorang pria yang sholih. Rasulullah bersabda:

Baca Juga:  Trend Pemakaian Bros Pada Jilbab Dilarang?

لَمْ يرَ لِلْمُتَحابَّيْنِ مِثْلَ النِّكاحِ

“Tidak ada solusi untuk dua orang yang sedang jatuh cinta selain pernikahan”. (HR. Ibnu Majah : 1846). Al-Munawi berkata:

المراد أن أعظم الأدوية التي يعالج بها العشق النكاح فهو علاجه الذي لا يعدل عنه لغيره ما وجد إليه سبيلا

“Maksud hadits tersebut adalah bahwa obat yang paling bisa menyembuhkan penyakit kasmaran adalah pernikahan. Beginilah penyembuhannya, jika cara ini bisa ditempuh tidak perlu mencari pengobatan lain.” (Faidhul Qadir : 5/294).

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Rabu, 27 Sya’ban 1443 H/ 30 Maret 2022 M


Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى klik disini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Muhammad Ihsan, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button