Membaca Basmallah Di Dalam Kamar Mandi

Membaca Basmallah Di Dalam Kamar Mandi

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz, mohon dijelaskan.


Apakah pengucapan basmallah atau lafadz Alloh itu mutlak dilarang di kamar mandi? Lalu bagaimana jika kita membutuhkannya, misal ketika akan berwudhu di dalam kamar mandi? Apakah mengucapkan di luar kamar mandi atau mengucapkan di dalam kamar mandi?

Jazakumulloh Khoiron

(Abu Ahmad di Purworejo Anggota Grup Bimbingan Islam N04-60)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Kesimpulan: ini masalah yang ringan.

Kalau Anda mau baca maka silakan, namun kalau lebih memilih untuk menghargai lafazh Allah agar tidak disebut di tempat yang kurang layak, maka silakan.

Jika memungkinkan mengucapkannya di luar kamar mandi maka itu lebih baik, namun jika tidak bisa maka perhatikan apakah kamar mandi tersebut terjaga kebersihannya sehingga tidak terdapat sisa-sisa najis di dalamnya? alias begitu seseorang kencing atau berak langsung disentor sehingga tidak menyisakan najis sedikitpun, maka dia dihukumi sebagai tempat yang suci dan tidak mengapa kita membaca basmalah  disana. Namun jika kamar mandi/WC umum yang rentan dengan najis maka sebaiknya dibaca diluar saja. Demikian kurang lebih fatwa Syaikh Shalih Fauzan yang pernah saya baca.

Ada juga yang menganjurkannya untuk diucapkan dalam hati (Syaikh Ibnu Utsaimin).

Adapun bagi mereka yang mewajibkan membaca basmalah sebelum wudhu -khususnya bagi yang ingat-, maka membaca basmalah di kamar mandi adalah dzikir yang dikecualikan. Adapun dzikir lainnya dianggap makruh karena kamar mandi adalah tempat yang digunakan untuk buang hajat (Syaikh Bin Baz).

Adapun bagi jumhur ulama yang tidak mewajibkan basmalah sebelum wudhu, maka tidak jadi masalah sama sekali untuk ditinggalkan. Dan ini adalah pendapat yang rajih.

Ref:http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=134879

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS