Solusi agar Anak-anak Mau Berpakaian Syar’i

Solusi agar Anak-anak Mau Berpakaian Syar’i

Pertanyaan :

 

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustaz, mohon pencerahannya..

Walhamdulillah, anak-anak kami sudah mengerti syariat berpakaian bagi muslimah. Tetapi untuk berpakaian secara syar’i, mereka masih sangat sulit. Bagaimana solusinya, Ustadz?

(Dari Hamba Alloh Anggota Grup WA Bimbingan Islam)

Jawaban :

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Perlu diperhatikan faktor usia, lingkungan dan latar belakang pendidikan/keluarga mereka. Usia puber biasanya relatif agak sulit diatur, demikian pula lingkungan yang ‘abangan’ jelas menyulitkan kita untuk membiasakan mereka berpakaian syar’i. Lemahnya pendidikan agama juga semakin menjadikan mereka tidak merasa perlu untuk berpakaian syar’i.

Jadi solusinya ialah carilah lingkungan yang baik bagi mereka atau minimal kalau tidak memungkinkan untuk pindah rumah, maka carikan sekolah yang islami, yang mewajibkan siswinya untuk berpakaian syar’i, atau masukkan saja ke pondok pesantren yang recommended.

Sebab Nabi bersabda (المرء على دين خليله، فلينظر أحدكم من يخالل) “Seseorang mengikuti agama orang yang dia cintai, maka perhatikanlah siapa orang yang kalian cintai”.  HR. Ahmad.

Dalam hadits lainnya, Rasulullah membuat perbandingan antara teman yang baik dengan teman yang buruk; seperti penjual minyak wangi dengan pandai besi… al hadits (Muttafaq ‘alaih).

Artinya, dengan mencarikan teman-teman yang baik untuk anak kita, minimal mereka jadi tahu mana yang baik dan syukur-syukur bisa menjadi baik seperti teman-temannya…

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS