Marah Ketika Al-Quran Dilecehkan, Perlu Kah?

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sebagaimana seorang muslim, tentulah kita “marah” jika Kitab suci Alquran dilecehkan. Bagaimana seharusnya sikap kita dengan yang terjadi  belakangan ini Ustadz? Apakah dibenarkan mengikuti ajakan demo ? Kalau tidak, apa yang harus kita lakukan?

Mohon jawaban secepatnya ustadz, mengingat hari H untuk demo itu semakin dekat,.

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Nisfa Netri di Padang Anggota Grup WA Bimbingan Islam T06 G-03)

Jawab:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Terkait hukum berdemo bisa dibaca syarat-syaratnya dalam jawaban atas pertanyaan yang berjudul: “Mahasiswa diwajibkan demo?”

Adapun bagi yang tidak berdemo, maka cara kita menolong agama Allah ialah dengan kembali kepada ajaran Islam yang paling penting terlebih dahulu, yaitu Tauhid. Pelajarilah tauhid, fahamilah, dan amalkanlah dalam kehidupan pribadi dan keluarga Anda, lalu perjuangkan semampunya.

Sabarlah dalam mempelajari tauhid, mengajarkannya kepada orang lain, dan mengamalkan serta memperjuangkannya. Dan selalulah bertakwa kepada Allah, karena dengan sabar dan takwalah kita terhindar dari kejahatan makar musuh-musuh Islam (lihat Ali Imran: 120).

Dengan menolong agama Allah, Allah akan menolong agama kita. (lihat Muhammad: 7). Dan menolong agama Allah itu dimulai dari Tauhid.

Marah ketika al qur’an dilecehkan adalah suatu keharusan. Namun kita jangan hanya marah ketika yang melecehkannya orang kafir, namun kita juga harus marah ketika al qur’an dilecehkan oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai muslim.

Dan ini lebih sering terjadi tanpa ada pengingkaran yang berarti dari kita ini menunujukkan betapa lemahnya loyalitas kaum muslimin terhadap islam itu sendiri.

Dan inilah yang menjadikan musuh-musuh islam semakin kurang ajar krn melihat lemahnya wala’ kita kepada islam.

Oleh karenanya, momen 4 November tersebut harus menjadi ibrah besar bagi kita.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS