AishahNikah

Sebenarnya CV Ta’aruf Itu Perlu Tidak Sih?

Sebenarnya CV Ta’aruf Itu Perlu Tidak Sih?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab tentang sebenarnya cv ta’aruf itu perlu tidak sih? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillah

Ustadz sebenarnya CV ta’aruf itu perlu tidak sih, atau saya datang langsung ke rumah akhwat tersebut?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Twitter Bimbingan Islam)


Jawaban:

Perlu atau tidaknya itu nisbi, kembali kepada kebutuhan dan kemantapan masing-masing orang.

Ada orang yang tidak butuh CV taaruf, hanya cukup mendengar dari orang yang dipercaya, kemudian mantap, kemudian langsung menikah. Ada yang memang sudah kenal sejak lama, maka tidak perlu CV, sudah mantap kemudian menikah.

Ada memang yang ingin mengenal lebih jauh, secara detail, kalau bertemu langsung ke rumah ortunya tidak enak jika akhirnya tidak cocok, maka menempuh menggali informasi via CV dulu, jika ternyata didapati banyak kecocokan akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke rumah ortunya untuk nadzor dan taaruf lebih dalam.

Intinya ditimbang-timbang mana maslahatnya yang lebih besar, kebutuhan setiap orang akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Jumat, 15 Syaban 1443 H/18 Maret 2022 M


Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله
Beliau adalah Alumnus S1 Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan S2 Hukum Islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله klik disini

Ustadz Setiawan Tugiyono, B.A., M.HI

Beliau adalah Alumni D2 Mahad Aly bin Abi Thalib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Bahasa Arab 2010 - 2012 , S1 LIPIA Jakarta Syariah 2012 - 2017, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2018 - 2020 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah, Dauroh Masyayikh Ummul Quro Mekkah di PP Riyadush-shalihin Banten, Daurah Syaikh Ali Hasan Al-Halaby, Syaikh Musa Alu Nasr, Syaikh Ziyad, Dauroh-dauroh lain dengan beberapa masyayikh yaman dll | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Belajar bersama dengan kawan-kawan di kampuz jalanan Bantul

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button