Wanita

Mana Lebih Utama Bagi Wanita Muslimah, Sholat Sendiri Di Rumah Atau Berjamaah Di Masjid?

Mana Lebih Utama Bagi Wanita Muslimah, Sholat Sendiri Di Rumah Atau Berjamaah Di Masjid?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan mana lebih utama bagi wanita muslimah, sholat sendiri di rumah atau berjamaah di masjid? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Izin bertanya.

1) Lebih utama manakah bagi wanita untuk shalat sendiri di rumah atau berjamaah di masjid?

2) Kita sudah shalat isya sendiri di rumah dan ke masjid untuk sholat tarawih berjamaah, apakah sebaiknya langsung ikut imam atau menunggu hingga kita yakin imam sedang shalat apa?

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

1. Lebih utama shalat di rumah bagi wanita muslimah. Karena shalat yang paling utama bagi wanita ialah di rumahnya dengan kesepakatan para ulama.

Adapun keutamaan berupa berlipatnya pahala bagi orang yang shalat berjama’ah di masjid hanya berlaku bagi lelaki, karena merekalah kelompok yang diwajibkan shalat berjama’ah.

Baca Juga:  Kekhususan Wanita Memberikan Kajian Khusus Akhwat

Dalam Kitab Mausu’ah Fiqhiyyah Quwaitiyyah:

اتفق الفقهاء على أن صلاة الرجل في المسجد جماعة أفضل من صلاته منفرداً في البيت ، لحديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( صلاة الجماعة أفضل من صلاة أحدكم وحده بخمس وعشرين درجة ) وفي رواية : ( بسبع وعشرين درجة ) – متفق عليه

أما في حق النساء فإن صلاتهن في البيت أفضل ؛ لحديث أم سلمة مرفوعاً : ( خير مساجد النساء قعر بيوتهن ) – رواه أحمد في ” المسند ” (6/297) وحسنه محققو المسند

Para ulama’ ahli fiqih bersepakat bahwa shalatnya kaum lelaki di masjid dengan berjama’ah itu lebih utama daripada ia shalat sendirian di rumah. Berdasarkan hadits Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu- yang berkata; Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, ‘Shalat jama’ah di masjid lebih utama dari shalat salah seorang kalian di rumahnya melebihi dua puluh lima derajat’. Dalam riwayat yang lain ; ‘dua puluh tujuh derajat’. (HR Bukhari-Muslim)

Adapun kaum wanita maka shalatnya dia di rumah itu yang lebih utama berdasarkan hadits Ummu Salamah secara marfu’:

Sebaik-baik masjidnya wanita itu di dalam rumahnya’. (Riwayat Ahmad di dalam Musnad: 6/297 dan dihasankan oleh pentahqiq Musnad).

(Sumber : Mausu’ah Fiqhiyyah Quwaitiyyah : 8/231).

Baca selengkapnya: https://bimbinganislam.com/wanita-lebih-utama-shalat-munfarid-di-rumah-atau-berjamaah/

2. Apabila wanita muslimah datang ke masjid dan imam sudah memulai shalat, tetapi dia tidak mengetahui keadaan imam apakah sedang shalat isya atau tarawih dan tidak ada muslim lain yang dapat ditanya, maka dia melihat indikasi waktu / jam yang ada. Biasanya di negeri kita, bisa mengira-ngira dengan dugaan kuat yakni dari awal waktu pelaksanaan shalat, juga indikasi-indikasi yang lain sebagai penunjang.

Contohnya irama bacaan tarawih lebih cepat atau ijtihad paling akhir adalah, bila ia telah shalat isya’ di rumahnya, maka tidak mengapa langsung berniat untuk shalat tarawih atau shalat malam dengan bermakmum di belakang imam masjid.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Rabu, 25 Safar 1444 H/ 21 September 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button