Lembaga Pendidikan Islam vs Lembaga Pendidikan Umum

Lembaga Pendidikan Islam vs Lembaga Pendidikan Umum

Pertanyaan :

 

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz yang dirahmati Alloh

Mohon nasehatnya terkait pendidikan untuk anak-anak dimana kecenderungan lembaga pendidikan islam yang memiliki fasilias memadai namun biaya pendidikannya cukup tinggi. Disisi lain, tersedia lembaga pendidikan yang dikelola pemerintah, namun dengan biaya yang terjangkau.

Bolehkah menyekolah sebagian anak di lembaga pendidikan islam dan sebagian lagi di lembaga pendidikan sekolah umum?

Jazakumulloh Khoiron.

(Dari Hamba Alloh Anggota Grup WA Bimbingan Islam)

Jawaban :

 

 

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Allah berfirman (فاتقوا الله ما استطعتم) “Bertakwalah kalian kepada Allah semampu kalian”. Jika Anda memang tidak mampu menyekolahkan anak Anda di sekolah islam yang baik, yang diharapkan dapat membekali anak-anak dengan pemahaman yang baik tentang Islam dan membimbingnya menjadi anak shalih; maka tidak mengapa menyekolahkan anak anda di sekolah umum asalkan anak-anak tetap dikontrol pergaulannya dan diberi bekal ilmu agama di luar sekolah, dengan memasukkan ke madrasah diniyah atau kajian-kajian ilmiah atau home scholing di rumah; dan tidak dicukupkan hanya belajar agama di sekolah umum yang sangat minim agama.

Anda juga bisa mengusahakan agar anak anda mendapat beasiswa, silakan dicari lebih dahulu lembaga-lembaga yang dapat memberi beasiswa bagi anak kurang mampu. Ini saya rasa lebih aman daripada menyekolahkan anak-anak di sekolah umum.

Wallaahu a’lam.

 

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS