Wisma Mahasiswa (Putra) Bimbingan Islam

Wisma Bimbingan Islam adalah salah satu Program Pendidikan Bimbingan Islam yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menimba ilmu (kuliah) di Yogyakarta.

Lokasi

Wisma Mahasiswa Bimbingan Islam hingga angkatan ke II ini memiliki dua gedung tinggal yang keduanya berlokasi di Karangasem, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian pada tahun 2019 ini (angkatan ke III) insyaAllah akan menambah gedung yang ketiga yang juga berada dekat dengan dua gedung sebelumnya. Lokasi Wisma Bimbingan Islam cukup dekat dengan beberapa kampus di Yogyakarta seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, FE Universitas Islam Indonesia, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, dan kampus-kampus lainnya.

Program

Wisma Bimbingan Islam memiliki beberapa program yang menunjang pengetahuan ilmu syar’i dan kepekaan sosial para santri. Diantaranya,

         1. Setoran Hafalan Al-Quran
             Para santri didampingi serta diawasi untuk menambah dan memuraja’ah hafalan mereka. Diharapkan hafalan-hafalan tersebut bisa menjadi variasi bacaan di dalam shalat dan bisa menjadi hujjah di dalam berdalil. Lebih dari itu, ini bisa mengantarkan untuk meraih keutamaan menghafalkan kitabullah.

        2. Tahsin Al-Quran
            Para santri dibekali dengan pengetahuan tentang cara membaca Al-Quran yang baik dan benar. Ada dua metode yang digunakan yaitu mempelajari hukum-hukum tajwid dan sifat-sifat hurufnya, lalu metode talaqqy kepada  guru.

        3. Belajar Bahasa Arab
            Para santri dibekali pengetahuan Nahwu & Sharaf sebagai salah satu bekal utama di dalam memahami Al-Quran, As-Sunnah, perkataan-perkataan ulama dari berbagai kitab gundul yang memuat banyak cabang-cabang ilmu syariat.

        4. Kajian Suplemen
            Para santri dibekali dengan pengetahuan seputar manhaj Ahlussunnah wal Jamaah dan juga akhlak seorang muslim, agar santri dapat bersikap tsabat (teguh) di dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

        5. Nyantri di Mahad Bimbingan Islam
            Para santri mengikuti program Mahad Bimbingan Islam setiap sabtu ahad sore untuk membentuk malakah ilmiyah santri dengan mempelajari berbagai cabang ilmu syariat seperti Aqidah, Fiqih, Ushul Fiqih, Musthalah Hadits, Qawaid Fiqhiyyah dan lain-lain.

Selain program-program di atas yang sifatnya rutin, para santri juga terkadang dibekali dengan pelatihan kemampuan umum seperti kemampuan desain poster dakwah. Para santri juga diarahkan untuk terjun langsung di dalam dakwah dengan cara menjadi panitia kajian-kajian dari program-program pendidikan Yayasan Bimbingan Islam lainnya. Para santri juga diarahkan untuk terjun langsung di dalam bermasyarakat hidup rukun dengan warga sekitar Wisma, serta beberapa program-program lainnya.

Semua program ini disusun dengan mempertimbangkan kesibukan santri yang juga sebagai mahasiswa di kampus-kampus Yogyakarta. Sehingga diharapkan para santri tidak meninggalkan kewajiban utama mereka di Yogyakarta untuk berkuliah, di samping itu santri tidak lalai dalam menjalankan kewajiban mereka yang lain yaitu menuntut ilmu syar’i.

 

Foto Keadaan Wisma

 

Foto Program-Program