FiqihKonsultasi

Hukum Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Muslimah

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Hukum Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Muslimah

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Hukum Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Muslimah, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Allah ﷻ senantiasa merahmati ustadz dan tim mahad. Zaman sekarang wanita muslimah banyak yang memakai sneakers demi kemudahan dan kenyamanan. Tapi sekarang rata-rata sneakers yang dijual itu selalu ada haknya minimal 3cm samapai 4cm. Apakah ini sudah termasuk sepatu jenis hak tinggi, ustadz? Dan berapa cm tinggi hak sepatu yang terlarang dalam islam?

جزاك اللهُ خيراً


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Memakai hak yang terlalu tinggi haram hukumnya, karena termasuk dari “tabarruj” yang dilarang, seperti firman Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada isteri-isteri Nabi,

وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

“Dan janganlah kalian berhias dan tingkah laku seperti orang Jahiliyah yang dahulu.” [Al-Ahzaab/33: 33]

Memakai hak yang terlalu tinggi juga akan berdampak buruk pada kesehatan kaki, sebagaimana yang disebutkan oleh para ahli kedokteran. Bahkan bisa membuat pemakainya terjatuh. Adapun batasan hak yang diharamkan, yaitu yang melebihi batas kewajaran, sehingga membuat jari kaki merunduk ke tanah karena ketinggian tumit.

Hanya saja bila hak atau alas kaki lainnya tersebut membuat si pemakainya berjalan sambil mengeluarkan suara seperti alunan musik, maka hukumnya haram. Allah ﷻ melarang para wanita membunyikan gelang di kaki,

وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ

“Janganlah mereka (kaum wanita) menghentakkan kakinya (saat berjalan), hingga diketahui bahwa mereka menggunakan perhiasan yang tersembunyi…” (QS. an-Nur: 31).

Memakai sepatu atau sandal jinjit yang ber-hak ini akan menimbulkan suara yang menarik perhatian lawan jenis. Lebih-lebih jika haknya runcing maka suaranya semakin keras. Padahal tindakan ini bisa lebih cepat mengundang perhatian lelaki dan membangkitkan syahwat mereka.

Dengan demikian, untuk menjaga kehati-hatian, lebih baik carilah sepatu lain yang tak ber-hak sama sekali, agar dapat terhindar dari larangan-larangan tersebut, dan ini merupakan sikap wara’ yang harus diterapkan oleh seorang Muslimah.

Sumber: Almanhaj, konsultasi syariah, fatwa syeikh Utsaimin

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh: 
Ustadz Fikri Hilabi, S.Ag. حافظه الله

Related Articles

Back to top button