Faedah Hadist

Fawaid Hadist #63 | Sebab Datangnya Rezeki Karena Menolong Penuntut Ilmu Dan Ulama

Fawaid Hadist #63 | Sebab Datangnya Rezeki Karena Menolong Penuntut Ilmu Dan Ulama

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan serial fawaid hadist, Fawaid Hadist #63 | Sebab Datangnya Rezeki Karena Menolong Penuntut Ilmu Dan Ulama. Selamat membaca.


وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَخَوَانِ عَلَى عَهْدِ النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَكَانَ أَحَدُهُمَا يَأْتِي النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالْآخَرُ يَحْتَرِفُ، فَشَكَا الْمُحْتَرِفُ أَخَاهُ لِلنَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: لَعَلَّكَ تُرْزَقُ بِهِ

Dari Anas radhiyallahu anhu, ia berkata: “Ada dua orang bersaudara di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, salah satu dari keduanya suka datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk belajar dan yang lainnya giat berusaha (mencari penghasilan).

Kemudian, orang yang giat berusaha itu mengadu tentang saudaranya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka baginda bersabda: “Bisa jadi engkau mendapatkan rezeki kerana dia (saudara itu).”

(HR. At-Tirmidzi, no. 2345, dinilai Shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi no. 1912).


Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah-faedah berharga, di antaranya;

1. Petunjuk yang berharga bahwa siapa saja yang memfokuskan diri dalam menuntut ilmu dan untuk memahami hukum-hukum agama demi menjaga syariat Allah Ta’ala, maka Allah Yang Maha Pemurah akan menyediakan untuknya orang yang akan mengurus urusannya dan mencukupi kebutuhannya.

2. Anjuran untuk menolong dan membantu orang-orang yang berilmu (ulama) dan para penuntut ilmu agama.

3. Penjelasan bahwa seseorang itu bisa diberi rizki disebabkan orang yang ditanggung (biaya hidupnya).

4. Secara hukum boleh mengeluhkan sesuatu perkara kepada penanggung jawab masalah (pemimpin atau penguasa kaum muslimin).

Baca Juga:  Fawaid Hadist #65 | Masuk Surga Karena Rahmat Allah Ta’ala dan Karunia-Nya

5. Pengagungan terhadap urusan agama harusnya lebih sering dipraktikkan dan didahulukan ketimbang pengagungan terhadap urusan dunia.

6. Sepatutnya penuntut ilmu mendapat rizki dari hasil keringat sendiri, sehingga ia tidak terus-menerus menjadi tanggungan orang lain. Karena bagaimana pun juga, tangan di atas tetap lebih baik daripada tangan yang di bawah.

Dalam hadis yang mulia, dari sahabat Hakim bin Hizam radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam pernah bersabda:

الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى ، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُولُ ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى ، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ

Tangan yang diatas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-baik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya (sudah tercukupi kebutuhannya). Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allah akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allah akan memberikan kecukupan kepadanya”. (HR. Bukhari, no. 1427 dan Muslim, no. 1034).

Referensi: Kitab Bahjatun Naadziriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilaliy.


Yuk dukung operasional & pengembangan dakwah Bimbingan Islam, bagikan juga faedah hadist ini kepada kerabat dan teman-teman.

[TS_Poll id="2"]

Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab perantara dirimu, hal itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

*unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabi ).

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button