Fiqih

Dilarang Sholat Di Kandang Unta! Begini Penjelasannya!

Mahad Bimbingan Islam (BIAS) belajar Islam terstruktur

Dilarang Sholat Di Kandang Unta! Begini Penjelasannya!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang larangan sholat di kandang unta! Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, ingin bertanya mengenai pembahasan sholat boleh dikerjakan di mana saja, tapi di kandang unta kenapa tidak boleh? Jazakallah khairan.

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)


Jawaban:

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebab Larangan Shalat di Kandang Unta

Terkait dengan perintah dan larangan, maka pijakan dan prinsip yang harus diperhatikan dan dipegang oleh seorang mukmin adalah meyakinkan dengan perintah tersebut, apakah benar datangnya dari Allah dan rasul-Nya?

Bila telah diyakinkan, maka kewajiban atasnya untuk menaati perintah atau larangan tersebut. Baik ia paham maksud dan alasannya atau tidak. Selama yakin, dengan pemahaman yang benar dari dasar yang telah ada, maka tidak diperkenankan untuk menolaknya.

Dalam masalah larangan shalat di kandang unta, sebagaimana hadist dari Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلمعَنِ الْوُضُوءِ مِنْ لُحُومِ الإِبِلِ فَقَالَ « تَوَضَّئُوا مِنْهَا ». وَسُئِلَ عَنْ لُحُومِ الْغَنَمِ فَقَالَ « لاَ تَتَوَضَّئُوا مِنْهَا ». وَسُئِلَ عَنِ الصَّلاَةِ فِى مَبَارِكِ الإِبِلِ فَقَالَ « لاَ تُصَلُّوا فِى مَبَارِكِ الإِبِلِ فَإِنَّهَا مِنَ الشَّيَاطِينِ ». وَسُئِلَ عَنِ الصَّلاَةِ فِى مَرَابِضِ الْغَنَمِ فَقَالَ « صَلُّوا فِيهَا فَإِنَّهَا بَرَكَةٌ »

Daftar Grup WA Bimbingan Islam Gratis

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai wudhu karena memakan daging unta, beliau menjawab, ‘Berwudhulah karena memakan daging unta.’ Beliau ditanya mengenai berwudhu karena memakan daging kambing, beliau menjawab, ‘Tidak perlu berwudhu karena memakan daging kambing.’ Beliau ditanya tentang shalat di tempat menderumnya( kandang) unta, beliau menjawab, ‘Jangan shalat di tempat menderumnya unta karena unta biasa memberikan was-was seperti setan.’ Beliau ditanya tentang shalat di kandang unta, ‘Silakan shalat di kandang kambing, di sana mendatangkan keberkahan (ketenangan).’”

Baca Juga:  Cara Mensucikan Najis Air Liur Anjing

(HR. Abu Daud, no. 184; Tirmidzi, no. 81; Ahmad, 4:288. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dijelaskan di dalam kitab Aun Al-Ma’bud, 1:231-232. bahwa Imam Syafi’i menambahkan, ketika ada yang shalat di kandang kambing, kambing mendatangkan ketenangan dan keberkahan. hewan itu tidak mengganggu dan tidak memutus shalat orang yang shalat. Dalam hadits ditunjukkan bolehnya shalat di kandang kambing dan tidak boleh shalat di kandang unta.

Disebutkan di dalam web Islamqa di dalam menjelaskan tempat tempat yang terlarang untuk di lakukan shalat di dalamnya,” Illat (sebab) larangannya adalah bahwa kandang onta adalah tempat tinggal para setan, dan kalau ontanya berada di dalam, maka (dapat) mengganggu orang yang shalat dan menghalangi kesempurnaan khusyu karena khawatir dari gangguannya. “(https://islamqa.info/id/answers/140208/)

Wallahu ‘Alam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Rabu, 2 Rabiul Awal 1444 H/ 28 September 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button