Berdzikir Asmaul Husna (Ar Rahman) 100x

PERTANYAAN

Assalamualaikum, Ustadz…


Mau bertanya mengenai dzikir menggunakan asmaul husna, kemarin saya beli buku karangan ba*****i n***n, mengenai dzikir menggunakan asmaul husna, disana dijelaskan jika kita dzikir ar rahman 100x, nanti bisa mendapatkan ingatan yang kuat, dan lain sebagainya
Apakah itu merupakan sunnah nabi dan bisa diamalkan, Ustadz?

Syukron

JAWABAN

Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakaatuh…

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، بعد

Anjuran berdzikir menggunakan asma’ul husna dengan cara seperti itu jelas merupakan bid’ah yang tidak berdasar sama sekali. Apalagi sekedar menyebut nama-nama Allah seperti: Arrahman… Arrahman… dst,  atau: Allah… Allah… dan semisalnya. Bahkan ini merupakan ciri khas kaum sufi yang sesat, yang terkenal sebagai pintu gerbang berbagai kesesatan dalam beragama.

Apalagi tidak ada kaitan antara makna dari Ar Rahman (yang demikian luas kasih sayangnya, meliputi seluruh manusia, mukmin maupun kafir) dengan kekuatan ingatan.

Asma’ul Husna hendaknya dipergunakan dalam doa dan dzikir sesuai tuntunan Nabi. Dan Alhamdulillah, cukup banyak buku-buku do’a dan dzikir yang mengajarkan cara dzikir/doa sesuai tuntunan Nabi dan bersih dari bid’ah dan khurafat (seperti yang banyak terkandung pada kitab-kitab mujarrobat). Salah satu yang kami rekomendasikan di sini ialah buku Hisnul Muslim yg sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Atau kitab doa dan dzikir tulisan Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas.

 

والله تعالى أعلم

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS