Umum

Berdoa Minta Segera Diwafatkan, Bolehkah?

Berdoa Minta Segera Diwafatkan, Bolehkah?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang berdoa minta segera diwafatkan, bolehkah? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Ustadz, saya seorang janda 37 tahun yang ditinggal wafat suami saya 9 bulan yang lalu. Qodarullah suami saya wafat karena Covid dengan komorbid diabetes.

Saya sekarang hidup sendiri, tanpa memiliki anak. Yang saya rasakan sekarang, saya seperti tidak punya semangat lagi untuk hidup, tidak punya gambaran apa pun untuk ke depan. Sementara, teman-teman saya semua mendorong saya untuk menikah lagi.

Penyesalan saya atas rumah tangga saya sebelumnya saja belum habis, karena saya merasa kurang maksimal dalam berbakti kepada suami saya, dan saya terus merasa bersalah.

Baca Juga:  Makna Kata "Melalaikan" pada QS. As - Sajadah : 14

Semakin mendengarkan kajian tentang rumah tangga dan pernikahan semakin menjadi-jadi saya menangis dan merasa bersalah. Apakah boleh, saya berdoa minta segera diwafatkan saja ya ustadz?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Grup WA)


Jawaban:

Anda berdoa agar segera diwafatkan adalah tidak boleh dan terlarang, Anda berhak untuk berbahagia dan menjadi hamba Allah terbaik di dunia ini. Jadilah ridha dan menerima takdir bahwa semua sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa.

Setiap muslim harus bertawakal kepada Allah Ta’ala, bergantung kepadanya, serta jujur di dalam penyandaran setiap urusan kepada Allah Yang Maha Kuasa dengan usaha dan ikhtiyar yang terbaik.

Baca juga: Kapan Seseorang Boleh Berdakwah?

Baca Juga:  Hukum Bekerja di Perpajakan & Memanfaatkan Gaji Pegawai Pajak

Barangsiapa yang benar-benar bertawakal kepada Allah Ta’ala dan meyakini bahwanya Allah Ta’ala, Dia-lah yang mendatangkan manfaat dan Dia-lah yang menolak mudharat, maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mencukupi dan menolong kita.

Apapun yang terjadi di setiap sisi kehidupan kita, suka maupun duka, maka katakanlah sebagaimana firman Allah Ta’ala:

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.” (QS. At-Taubah: 51).

Wallahu Ta’ala A’lam

Baca selengkapnya: Jika Wabah Telah Sampai Di Daerahmu (Tentang Corona)…

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag.
حفظه الله
Selasa, 1 Dzulqodah 1443 H/ 31 Mei 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam

Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik disini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button