AqidahKonsultasi

Dimana Nabi Idris Alaihissalam Berada

Dimana Nabi Idris Alaihissalam Berada

Pertanyaan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan ustadz izin bertanya tentang Nabi Idris alaihissalam, ada yang mengatakan bahwa sekarang beliau di atas langit dan ada juga yang mengatakan beliau ada di surga. Manakah yang shohih Ustadz?

Jazzakallahu khairan

(Fulanah, Sahabat BiAS T07 G-17)

Jawaban

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Para ulama berbeda pendapat tentang dimana keberadaan Nabi Idris alaihissalam, perselisihan mereka berangkat dari makna “Kami angkat dia ke tempat yang tinggi” yang tersebut dalam Al-Qur’an dan berselisih pula tentang hakikat kematian Nabi Idris alaihissalam.

Pendapat yang benar dalam masalah ini Nabi Idris alaihissalam, berada di langit yang ke-empat berdasarkan riwayat sebagai berikut:

Baca Juga :  Inilah Cara Menghancurkan Jimat dan Mantra

ثُمَّ عُرِجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ الرَّابِعَةِ ، فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، قِيلَ : مَنْ هَذَا ؟ قَالَ: جِبْرِيلُ ، قِيلَ : وَمَنْ مَعَكَ ؟ قَالَ : مُحَمَّدٌ ، قَالَ : وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ ؟ قَالَ : قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ ، فَفُتِحَ لَنَا ، فَإِذَا أَنَا بِإِدْرِيسَ ، فَرَحَّبَ وَدَعَا لِي بِخَيْرٍ ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ : (وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا)

“Kemudian ia diangkat menuju kami di langit yang ke-empat, kemudian Jibril permisi masuk dan dikatakan kepadanya; Siapa ini?

Jibril menjawab: Jibril
Dikatakan lagi; Siapa yang bersama engkau.

Jibril menjawab: Muhammad

Nabi Idris bertanya: Apakah ia telah diangkat menjadi Nabi?

Jibril mengatakan: Ia telah diangkat menjadi Nabi.

Lantas dibukakan untuk kami, tetiba aku melihat Nabi Idris, ia menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Allah ta’ala berfirman: Dan Kami mengangkat dia ke tempat yang tinggi. (QS Maryam : 57).”

(HR Muslim : 259).

Wallohu a’lam, wabillahi taufiq.

 

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

Tanya Jawab
Grup WA Bimbingan Islam T07
Selasa, 18 Shafar 1439 H / 07 November 2017 M

Baca Juga :  Menolak Melamar Wanita Baik Agamanya Karena Kurang Cocok Dengan Fisiknya, Apa Boleh?

USTADZ ABUL ASWAD AL BAYATI, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button