Fiqih

Apakah Makan Bulus itu Haram

Apakah Makan Bulus itu Haram?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan Apakah Makan Bulus itu Haram, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, ustadz afwan saya mau tanya. Apakah bulus itu haram? Lantas apakah saya boleh pakai produk-produk yang terdapat ekstrak minyak bulus? Syukron jazaakumullahu khoiron.

جزاك الله خيرا

(Dari Fulan Anggota Grup Whatsapp Sahabat BiAS)


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Bulus atau kura-kura adalah hewan yang halal dimakan. Imam Ibnu Hazm menyatakan:

Baca Juga :  Setelah Mandi, Haruskah Wudhu Lagi?

السلحفاة البرية والبحرية حلال أكلها، وأكل بيضها لقول الله تعالى: {كلوا مما في الأرض حلالا طيبا} [البقرة: 168] مع قوله تعالى: {وقد فصل لكم ما حرم عليكم} [الأنعام: 119] ولم يفصل لنا تحريم السلحفاة، فهي حلال كلها وما تولد منها روينا عن عطاء إباحة أكل السلحفاة، والسرطان. وعن طاوس والحسن ومحمد بن علي وفقهاء المدينة: إباحة أكل السلحفاة.

“Bulus darat maupun air halal dimakan keduanya. Demikian pula halal telurnya berdasarkan firman Allah taala: ‘Makanlah apa apa yang ada di atas muka bumi sebagai makanan yang halal lagi suci.’ (QS Al Baqarah: 168).

Bersamaan dengan firman Allah ta’ala lainnya; ‘Dan Allah telah merinci untuk kalian apa yang haram bagi kalian.’ (QS Al An’am : 119).

Sementara Allah tidak merinci untuk kita keharaman bulus. Maka bulus itu halal seluruhnya dan semua yang berasal dari bulus. Diriwiyatkan dari Atho’ akan kebolehan memakan bulus. Demikian pula riwayat dari Thawus, Hasan, Muhammad bin Ali serta para Fuqoha’ Madinah akan kebolehan memakan bulus.” (Al Muhalla Bil Atsar: 6/83).

Adapun tentang minyak bulus maka ia boleh digunakan jika dihasilkan dari bulus yang disembelih. Karena jika tidak disembelih maka statusnya adalah bangkai dan bangkai itu hukumnya najis di dalam agama kita agama Islam.

Wallahu a’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Jumat, 27 Rabiul Akhir 1443 H/3 Desember 2021 M

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله klik disini

Baca Juga :  Kiat Anak Ikhlas Di Pesantren dan Birrul Walidain

Ustadz Abul Aswad Al Bayati, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button