Artikel

Apakah Di Surga Bisa Punya Anak Lagi?

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Apakah Di Surga Bisa Punya Anak Lagi?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Zakat Fitri Apakah Di Surga Bisa Punya Anak Lagi? selamat membaca.

Pertanyaan:

Assalamualikum ustadz, semoga sehat dan selalu dalam lindungan allah azza wa jalla, ingin bertanya mengenai pendapat dari Abu sa’id radhiyallahu’anhu bahwa rasullullah bersabda “Seorang mukmin itu bila sangat menginginkan anak, namun tidak mendapatkannya, maka di Surga ia akan mengandungnya, menyusuinya dan tumbuh besar dalam sekejap, sebagaimana ia menginginkanya.”

Apakah ini merupakan hadist shohih dan maksud ” ia akan mengandungnya itu apa istri kita yang berada dunia ustadz? Syukron, Jazakallah khair

Ditanyakan oleh Santri Mahad Bimbingan Islam


Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullah wabarokatuh. Aamiin, terimakasih atas doa yang terpanjat semoga Allah memberikan kebahagiaan di dalam kehidupan kita, di dunia dan di akhirat.

Mengutip apa yang dijelaskan oleh Ustadz Rosyid Abu Rosyidah di dalam web bimbingan islam, bahwa terjadi khilaf ulama akan hadist diatas, dimana jika didunia tidak memiliki anak maka disurga akan mengandung dan memiliki anak, dan sebagian mengatakan bahwa disurga tidak ada anak-anak, seperti sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasalam:

“sesungguhnya penduduk surga tidak mempunyai anak didalamnya” Dan mengenai sanad hadist diatas dinilai gharib oleh sebagian Ulama.

Adapun yang rojih menurut Imam As-Suyuti rahimahullah adalah penduduk surga “tidak” memiliki keinginan untuk mempunya anak. Sedangkan yang rojih menurut Ibnu Qoyyim rahimahullah adalah penduduk surga “tidak” memiliki anak.

Namun ternyata ada Hadits yang senada hal ini dimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

الْمُؤْمِنُ إِذَا اشْتَهَى الْوَلَدَ فِي الْجَنَّةِ كَانَ حَمْلُهُ وَوَضْعُهُ وَسِنُّهُ فِي سَاعَةٍ ، كَمَا يَشْتَهِي

“Seorang mukmin jika menginginkan anak di surga, maka kehamilannya, kelahirannya dan pertumbuhannya dalam sesaat sebagaimana yang ia inginkan” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah di shahihkan oleh Al-Albani dalam shahihul jaami’ no. 6649)

Tanpa menyebutkan khusus untuk orang yang belum memunyai anak,namun buat semua mukmin yang menginginkan termasuk di dalamnya wanita yang keguguran.

Berharap dengan hadist ini walaupun ada perbedaan pendapat di antara ulama dalam masalah ini, apakah akan ada anak di dalam surga atau tidak, maka berharap dengan janji Allah yang akan memberikan apa yang diinginkan oleh para penghuni surga dapat Allah akan mengkabulkannya, namun sekali lagi ada penjelasan dalam masalah ini oleh para ulama.

Wallahu a`lam.

Silahkan bisa membaca kembali link berikut untuk menambah penjelasan: https://bimbinganislam.com/hadits-terkait-punya-anak-di-surga/.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Senin, 17 Syawwal 1444H / 8 Mei 2023 M 


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di

 

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button