Opening Mahad BIAS
Tausiyah

4 Hal Yang Menodai Dakwah

4 Hal Yang Menodai Dakwah

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan 4 Hal Yang Menodai Dakwah. Selamat membaca.


Alhamdulillāh.
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Saudaraku yang mencintai Sunnah dan dicintai Allah, sejatinya ada 4 hal yang dapat menodai dakwah ini yang dinukilkan oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu As Syaikh dalam ceramahnya yang berjudul “Al Ghutsa Wal Bina” yaitu:

  1. Memandang sesuatu hanya dari satu sisi, tidak dari sisi-sisi yang lain, biasanya mereka ini telah mendapatkan doktrin dari gurunya dan selalu didikte sehingga tidak bisa berpendapat lain dari yang sudah digariskan.
  2. Isti´jal (terburu-buru). Karena sejatinya dakwah tidak dapat diukur dengan banyaknya tahun. Begitu pula keberhasilan dakwah tidaklah dapat dihitung dan disandingkan dengan berapa lama waktu dari umur yang sudah kita korbankan.
  3. Fanatik madzhab dan fanatik kelompok serta kultus individu. Tidak berpihak pada yang paling benar, namun lebih pada madzhab atau seruan kelompok yang diyakini.
  4. Menuntut kesempurnaan dari pihak lain baik sebagai lembaga atau individu, selama dalam masalah ushul (pokok-pokok dien) memiliki kesamaan yaitu sama-sama dalam pemahaman Ahlus Sunnah Waljamaah. Kewajiban kita bersama adalah saling memberi nasihat jika ada yang salah di antara kita.
Baca Juga:  Cadar dalam Pandangan Nahdlatul Ulama (2)

Karenanya saudaraku, semoga kita semua sebagai Thalibul-‘Ilm dan juga segenap Pegiat Dakwah, baik DKM Masjid, Organisasi Dakwah, Yayasan Dakwah, dll dapat berlepas diri dari keempat hal tersebut. Aamiin.

Sumber: http://salehalshaikh.com/wp2/?p=737

Wallohu A’lam
Wabillahit Taufiq

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
(Dewan Konsultasi Bimbinganislam.com)

TAUSIYAH
Bimbinganislam.com
Jumat, 14 Ramadhan 1438 H / 9 Juni 2017 M

Diperbarui (formatting) Selasa, 9 Jumadil Awwal 1443 H/14 Desember 2021 M

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah, S.Ag., M.Ag.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Hadits 2010 - 2014, S2 UIN Sunan Kalijaga Qur’an Hadits 2015 - 2019 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dynamic English Course (DEC) Pare Kediri, Mafatihul Ilmi (Ustadz Dzulqarnaen) sedang diikuti | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kuliah Pra Nikah Naseeha Project

Related Articles

Back to top button