4 Hal Yang Menodai Dakwah

4 Hal Yang Menodai Dakwah

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Saudaraku yang mencintai Sunnah dan dicintai Alloh, sejatinya ada 4 hal yang dapat menodai dakwah ini yang dinukilkan oleh Syaikh Shalih bin Abdul Aziz Alu As Syaikh dalam ceramahnya yang berjudul “Al Ghutsa Wal Bina” , yaitu:
a.Memandang sesuatu hanya dari satu sisi, tidak dari sisi-sisi yang lain, biasanya mereka ini telah mendapatkan doktrin dari gurunya dan selalu didikte sehingga tidak bisa berpendapat lain dari yang sudah digariskan.
b.Isti´jal (terburu-buru). Karena sejatinya dakwah tidak dapat diukur dengan banyaknya tahun. Begitupula keberhasilan dakwah tidaklah dapat dihitung dan disandingkan dengan berapa lama waktu dari umur yang sudah kita korbankan.
c.Fanatis madzhab dan fanatis kelompok serta kultus individu. Tidak berpihak pada yang paling benar, namun lebih pada madzhab atau seruan kelompok yang diyakini.
d.Menuntut kesempurnaan dari pihak lain baik sebagai lembaga atau individu, selama dalam masalah ushul (pokok-pokok dien) memiliki kesamaan yaitu sama-sama dalam pemahaman Ahlus sunnah waljamaah. Kewajiban kita bersama adalah saling memberi nasehat jika ada yang salah diantara kita.

Karenanya saudaraku, semoga kita semua sebagai Tholibul-‘Ilm dan juga segenap Pegiat Dakwah, baik DKM Masjid, Organisasi Dakwah, Yayasan Dakwah, dll dapat berlepas diri dari keempat hal tersebut. Aamiin.

Sumber: http://salehalshaikh.com/wp2/?p=737

Wallohu A’lam
Wabillahit Taufiq

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
(Dewan Konsultasi Bimbinganislam.com)

TAUSIYAH
Bimbinganislam.com
Jumat, 14 Ramadhan 1438H / 9 Juni 2017M

CATEGORIES
Share This

COMMENTS