Wirid dan Yasin untuk Menjalin Silaturahmi

Wirid dan Yasin untuk Menjalin Silaturahmi

Pertanyaan:

Apakah kebiasaan wirid yang dilakukan rutin oleh ibu-ibu seminggu sekali dengan membaca surah yasiin termasuk bid’ah ? Yang mana salah satu alasan wirid ini adalah menjalin silaturahim dilingkungan rumah.

Dari Susi Damayanti di Medan Anggota Grup WA Bimbingan Islam T05-G2

Jawaban:

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، وبعد:

Hal tersebut termasuk bid’ah karena beberapa alasan:
Alasan tersebut (yakni demi silaturahmi) bukanlah alasan yang dibenarkan dalam syariat bagi terselenggaranya wirid.
Yang dibaca dalam wirid (yakni surah Yasin) bukanlah surat yang memiliki keistimewaan tertentu dan dianjurkan untuk dibaca dalam acara tersebut.
Penentuan waktu seminggu sekali untuk baca surah Yasin juga tidak ada tuntunannya.
Cara membacanya yang biasanya dengan berjamaah juga tidak ada tuntunannya.
Nah, berdasarkan poin-poin tadi, jelaslah perbuatan tersebut termasuk bid’ah yang dibenci Allah dan dicintai syaitan, walaupun dilakukan dengan niat yang baik. Sebab, andai itu benar-benar merupakan suatu kebaikan, maka mustahil tidak diajarkan oleh Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam, sehingga kemungkinannya hanya ada dua:

Pertama: Hal itu adalah kebaikan yang tidak diketahui oleh Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam, namun diketahui oleh orang lain.
Kedua: Hal itu diketahui oleh Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam akan tetapi tidak beliau ajarkan.
Tentunya kedua kemungkinan di atas batil semua, karena bertentangan dengan firman Allah di surah Al A’raf ayat 157, yang menyebutkan bahwa di antara tugas Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam adalah memerintahkan umatnya untuk berbuat ma’ruf, dan setiap bentuk ibadah yang dicintai Allah adalah sesuatu yg ma’ruf. Oleh karenanya, tidak mungkin sesuatu yang di mata manusia dianggap sebagai ibadah yg baik namun tidak diajarkan oleh Rasulullah shallallāhu ‘alayhi wa sallam. Kalau pun ada yang terkesan demikian, maka ketahuilah bahwa sebenarnya itu bukanlah ibadah yg dicintai Allah, namun merupakan bid’ah.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS