Aqidah

Ada Unsur Kesyirikan Pada Motif Batik Burung Merak?

Mahad Bimbingan Islam (BIAS) belajar Islam terstruktur

Ada Unsur Kesyirikan Pada Motif Batik Burung Merak?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan tentang apakah ada unsur kesyirikan dibalik motif batik burung merak? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz, saya izin bertanya mengenai “motif batik” yang biasanya mereka memaknai sesuatu dibalik motif tersebut, apakah ada unsur kesyirikan di dalam makna tersebut? Jazakallah khairan.

“Sawunggaling (burung merak) burung spiritual yang melambangkan perlindungan dari atas, orang Jawa menggunakan motif ini untuk mengingatkan mereka pada Tuhan, dan berharap untuk Perlindungan-Nya”

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)


Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullah wabarokatuh.

Mengenai unsur kesyirikan pada motif batik burung merak, selama tidak ada kejelasan dalam apa yang dilakukan, selama dasar perbuatan itu diperbolehkan maka boleh dilakukan sampai ada keyakinan dengan apa yang dilakukan mengandung unsur kesyirikan atau tasyabbuh kepada kaum yang dibenci oleh Allah dan rasul-Nya.

Di luar dari hukum menggambar merak, bila yang dimaksudkan adalah simbol untuk mengingatkan pada Tuhannya, maka sebenarnya tidak ada unsur kesyirikan di dalam lambang tersebut, sebagaimana tulisan atau simbul tertentu yang mengingatkan kita kepada kebaikan.

Kecuali bila merak tersebut sebagai simbul keselamatan bagi si pemiliknya yang telah menjadikannya sebagai sekutu Allah, sehingga hati menjadi terpaut/tergantung dengan lambang tersebut maka perbuatan dan gambar semisal itu diharamkan karena ada unsur kesyirikan di dalamnya.

Daftar Grup WA Bimbingan Islam Gratis

Sebagaimana dalil-dalil yang berbicara tentang keharaman jimat dan sebagainya. Misalnya sebagaimana riwayat:

Dalam hadits ‘Abdullah bin ‘Ukaim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَعَلَّقَ شَيْئًا وُكِلَ إِلَيْهِ

Barangsiapa menggantung hati pada sesuatu, urusannya akan diserahkan padanya” (HR. Tirmidzi no. 2072 dan Ahmad 4: 310. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dari ‘Imron bin Hushain radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلمأَبْصَرَ عَلَى عَضُدِ رَجُلٍ حَلْقَةً أُرَاهُ قَالَ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ « وَيْحَكَ مَا هَذِهِ ». قَالَ مِنَ الْوَاهِنَةِ قَالَ « أَمَا إِنَّهَا لاَ تَزِيدُكَ إِلاَّ وَهْناً انْبِذْهَا عَنْكَ فَإِنَّكَ لَوْ مِتَّ وَهِىَ عَلَيْكَ مَا أَفْلَحْتَ أَبَداً

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat di lengan seorang pria gelang yang dinampakkan padanya. Pria tersebut berkata bahwa gelang itu terbuat dari kuningan. Lalu beliau berkata, “Untuk apa engkau memakainya?” Pria tadi menjawab, “(Ini dipasang untuk mencegah dari) wahinah (penyakit yang ada di lengan atas). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Gelang tadi malah membuatmu semakin lemah. Buanglah! Seandainya engkau mati dalam keadaan masih mengenakan gelang tersebut, engkau tidak akan beruntung selamanya.” (HR. Ahmad 4: 445 dan Ibnu Majah no. 3531).

Bila memang masih ragu dengan gambar yang sejenis itu, dengan simbul yang dikhawatirkan memunculkan kesyirikan, maka meninggalkan sesuatu yang tidak jelas dan melakukan/memilih sesuatu yang jelas dan lebih menyelematkan harus dilakukan.

Wallahu a`lam.

Khusus perempuan, apakah kamu tahu Akademi Shalihah (AISHAH) Online?

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Kamis,3 Rabiul Awal 1444 H/ 29 September 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Baca Juga:  Benarkah Malaikat Beristighfar untuk Orang yang Minum Kopi?
Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button