IbadahKonsultasi

Tugas Kita Menyampaikan Walaupun Tidak Didengar Mereka

Pendaftaran Mahad Bimbingan Islam

Tugas Kita Menyampaikan Walaupun Tidak Didengar Mereka

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Tugas Kita Menyampaikan Walaupun Tidak Didengar Mereka, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan ustadz izin bertanya. Bagaimana jika saya mengetahui suatu ilmu, tetapi saya hanya baru bisa untuk menghilangkan kebodohan diri sendiri, saya belum bisa untuk menghilangkan kebodohan pada orang lain.

Misalnya: saya sudah berjilbab karena dalam Islam wanita wajib memakai jilbab. Sedangkan kakak perempuan dan ibu saya belum berjilbab. Saya hanya bisa mencontohkan ke mereka. Sebetulnya mereka juga tahu hukum berjilbab. Jadi bagaimana seharusnya saya bersikap ya ustadz? Apakah saya berdosa jika belum bisa membimbing keluarga saya?

جزاك اللهُ خيراً

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Kita harus banyak bersyukur jika kita sudah mendapatkan kenikmatan dicabutnya kebodohan dari diri kita dan kita laksanakan perintah tersebut. Dan untuk perbuatan orang lain pada asalnya kita tidak menanggung dosanya sebagaimana Allah berfirman:

Baca Juga:  Hasil Dari Sumber Haram, Amalan Tidak Diterima?

وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى

“Dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.” (QS. Al-An’am: 164)

Makna ayat ini kata Ibnul Jauzi dalam Zaad Al-Masiir,

لا يؤخذ أحد بذنب غيره

“Janganlah hukum seseseorang karena perbuatan dosa yang dilakukan oleh orang lain.”

Ibnu Katsir menerangkan pula dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim bahwa demikianlah balasan, hukum dan keadilan dari Allah. Setiap orang akan dibalas sesuai dengan amalan yang ia perbuat.

Jika amalan tersebut baik, maka kebaikan yang akan dibalas. Jika yang diperbuat jelek, maka jelek pula yang dibalas. Ingatlah, seseorang tidak akan memikul dosa yang diperbuat oleh orang lain. Itulah keadilan Allah Ta’ala.

Jadi tugas kita menyampaikan kepada mereka walaupun mereka tidak mau mendengarkan kita. Maka penanya sampaikan kepada ibu dan kakak perempuan tentang wajibnya wanita menggunakan jilbab. Dan bukan kewajiaban penanya mereka harus mengikuti apa yang disampaikan.

Wallahu Ta’ala A’lam

Dijawab dengan ringkas oleh: 
Ustadz Muhammad Fikri Hilabi, S.Ag. حافظه الله

Related Articles

Back to top button