FiqihKonsultasi

Tanda Batas Berakhirnya Masa Haid

Pendaftaran Mahad Bimbingan Islam

Tanda Batas Berakhirnya Masa Haid

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Tanda Batas Berakhirnya Masa Haid, selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Afwan ijin bertanya ustad, saya ingin menanyakan sebenarnya batas jelas berakhirnya haid itu bagaimana? apakah darah haid yang mengalir kemudian berhenti dan saya mandi besar tetapi kemudian muncul flek (bisa beda hari atau beberapa jam kemudian) yang tidak terus menerus (hanya sedikit),,apakah itu sudah bisa dianggap selesai haid ,,atau masih dianggap haid? karena kalau menunggu benar-benar tidak ada flek sedikit2 itu bisa sampai sekitar 2 minggu,,jadi saya ragu apakah sudah suci atau belum?

جزاك اللهُ خيراً
Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Batas jelas berakhirnya haid ada dua keadaan:

  1. Cairan keruh atau kekuningan yang muncul setelah haid berhenti dan terdapat jeda (sehari atau 2 hari) tidak dihitung lagi sebagai haid. baik dengan keluarnya keputihan atau sudah tidak lagi keluar cairan.Dasarnya adalah keterangan Ummu Athiyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan:

    كُنَّا لَا نَعُدُّ الْكُدْرَةَ، وَالصُّفْرَةَ بَعْدَ الطُّهْرِ شَيْئًا

    “Kami tidak menganggap cairan keruh atau kekuningan setelah suci sebagai bagian dari haid. (HR. Abu Daud 307 dan dishahihkan al-Albani).

  2. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan mengalami keputihan paska haid, maka berhentinya haid ditandai dengan keluarnya cairan itu. Sementara bagi wanita yang tidak mengalami keputihan pasca haid maka indikator berhentinya haid adalah kepastian tidak ada lagi cairan yang keluar.

Sehingga ketika dibersihkan dengan kapas (yang dimasukkan dalam farji), maka kapas itu masih putih seperti semula. (Lihat Fatwa Islam, no. 5595).

Adapun cairan keruh, flek, atau kekuningan yang bersambung dengan haid, maka dihitung sebagai haid. Dan baru dikatakan haid berhenti jika keluar cairan putih atau tidak keluar cairan sama sekali lagi walaupun bisa sampai bersihnya atau tidak keluar flek itu bisa 15 hari, dan ini adalah batasan haid yang normal menurut penjelasan jumhur ulama.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh: 
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. 
حفظه الله

Baca Juga:  Bila Kelebihan Rakaat Pada Shalat

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button