AishahKeluargaKonsultasi

Solusi Islam Menghadapi Suami yang Kecanduan Game

Solusi Menghadapi Suami yang Kecanduan Game

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan: Solusi Islam Menghadapi Suami yang Kecanduan Game.  Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bagaimana pula jika ada suami yang hobi bermain game online dan suka berkata kasar padahal sudah belajar agama. Berdosakah dia?

Jazakallohu khoiron atas jawabannya.

(Ditanyakan oleh Santri AISHAH)


Jawaban:

Pertama, kita sampaikan bahwa istri memiliki hak yang harus ditunaikan oleh suami sebagaimana suami memiliki hak yang harus ditunaikan oleh istri. Hak istri atas suami tidak hanya nafkah, dan ini yang sering salah dipahami oleh sebagian suami, sehingga ketika mereka merasa sudah memberikan nafkah ke istri mereka terlepas dari kewajiban.

Padahal, hak istri tidak hanya nafkah, melainkan juga perlakuan baik dari suami terlebih pendidikan agama untuk menjaga keluarganya dari api neraka, Allah berfirman:

وَلَهُنَّ مِثۡلُ ٱلَّذِي عَلَيۡهِنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ ٢٢٨ [ البقرة:228-228]

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf…. [Al Baqarah:228].

Allah berfirman:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلۡمَعۡرُوفِۚ… ١٩ [ النساء:19-19]

Dan bergaullah dengan mereka secara ma’ruf… [An Nisa”:19]

Allah berfirman:

يَٰأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَأَهۡلِيكُمۡ نَارٗا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ عَلَيۡهَا مَلَٰئِكَةٌ غِلَاظٞ شِدَادٞ لَّا يَعۡصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمۡ وَيَفۡعَلُونَ مَا يُؤۡمَرُونَ ٦ [ الـتحريم:6-6]

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [At Tahrim:6]

Dan jika hak istri tersebut terlalaikan oleh main game lalu dia bersikap kasar kepada istrinya, tentu itu adalah sebab dosanya seorang suami. Terlebih lagi jika dia memang sudah belajar agama, tentu dosa orang yang sudah belajar beda dengan orang yang belum belajar.

Begitulah game, permainan yang menyebabkan perubahan kepribadian seseorang. Banyak orang berdalih dengan perkataan “game itukan boleh selama tidak melalaikan dari perintah Allah”, tapi pada kenyataannya banyak hal yang terlalaikan.

Sebagai seorang istri hendaklah tetap menjaga ketaatan kepada suami, dan menasihatinya perlahan-lahan sembari berdoa kepada Allah, semoga Allah memberikan hidayah kepada sang suami.

والله المستعان

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Kamis,  15 Shafar 1443 H / 23 September 2021 M


Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله تعالى 
klik disini

Baca Juga :  3 Tahapan Memperbaiki Hidup

USTADZ MUHAMMAD IHSAN, S.Ag., M.HI.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2011 – 2015, S2 Universitas Muhammadiyah Surakarta Hukum Islam 2016 – 2021 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Syaikh Sulaiman & Syaikh Sholih As-Sindy di Malang 2018, Beberapa dars pada dauroh Syaikh Sholih Al-’Ushoimy di Masjid Nabawi, Dauroh Masyayikh Yaman tahun 2019, Belajar dengan Syaikh Labib tahun 2019 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kegiatan bimbingan islam

Related Articles

Back to top button