Rangkaian Dauroh Ilmiyah Bimbingan Islam 22-25 Desember 2017

Rangkaian Dauroh Ilmiyah Bimbingan Islam 22-25 Desember 2017

YOGYAKARTA – Alhamdulillah atas nikmat Allāh Subhānahu wa Ta’āla, rangkaian kegiatan “Dauroh Ilmiyah Bimbingan Islam” yang diadakan oleh BimbinganIslam.com (BiAS) mulai hari Jumat sd Senin, 05 sd 07 Rabiul Tsani 1439 H / 22-25 Desember 2017. Bertempat di masjid sekitaran kampus UGM dan UNY, kegiatan berjalan dengan lancar.

Kegiatan rangkaian acara Dauroh Ilmiyah Bimbingan Islam kali ini mengangkat tiga tema, yaitu:

✅ Pada hari Jumat 5 Rabiul Tsani 1439 H/ 22 Desember 2017 Dauroh Hadits Arbain ke 4, yang diisi oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswesan Lc. MA di Masjid Kampus UGM. Beliau merupakan doktor hadits Universitas Islam Madinah, Alhamdulillah di tengah kesibukan yang padat, Beliau masih berkenan untuk mengisi di Jogja setiap sebulan sekali.

✅ Kemudian, pada hari Sabtu pagi 05 Rabiul Tsani 1439 H/23 Desember 2017 di Masjid Nurul Ashri Deresan, kegiatan dauroh dilanjutkan dengan jadwal Dauroh Tafsir bersama Ustadz Ammi Nur Baits.

✅ Rangkaian Dauroh Ilmiah ditutup dengan Dauroh Tauhid ke dua bersama Ustadz Muhammad Romelan Lc MA, pada hari Senin tanggal 7 Rabiul Tsani 1439 H / 25 Desember 2017.

Kegiatan Dauroh Ilmiah Bimbingan Islam ini digagas oleh Tim Bidang Pendidikan bimbinganislam.com yang bertujuan untuk menebarkan ilmu syar’i dengan lebih terstruktur melalui dauroh rutin. Hal ini secara umum pula dalam rangka menyebarkan manfaat dakwah secara lebih luas kebanyak kalangan.

Rangkaian dauroh berseri ini dilatar belakangi oleh keinginan mengajak kaum muslimin agar memiliki semangat mempelajari dan menggali ilmu agama dari dasar dan dengan pola yang terstruktur, sehingga lebih tertata perkembangan ilmu syar’i yang didapat.

Terlebih dengan banyaknya informasi-informasi hoax yang bertebaran di internet maupun sosial media, diharapkan dengan mengajarkan kepada masyarakat secara umum berupa kajian-kajian ilmiyah yang terstruktur maka masyarakat akan lebih mudah membentengi akidah mereka dengan keilmuan yang didapat ketika fitnah syubhat di media massa semakin kuat.

Alhamdulillah, antusiasme yang tinggi dari kaum muslimin untuk mengikuti rangkaian dauroh ini bisa dilihat dari ratusan jumlah peserta yang hadir, meskipun tanggal 22-25 desember merupakan moment liburan.

“Diharapkan dengan dauroh rutin bulanan ini, para peserta dapat belajar secara terstruktur, ilmiyah dan mengenal dasar-dasar dalam ilmu agama secara baik, tidak hanya secara tematik. Dengan itu perkembangan keilmuan dapat meningkat, dan menjadi landasan yang kuat dalam membangun pondasi akidah di tengah banyaknya fitnah syubhat pemikiran saat ini, serta dapat menjadi landasan mereka beramal sehari-hari. Hal ini pula diharapkan dapat memberikan perubahan bagi masyarakat secara umum kedepannya”, ujar Pak Abdullah selaku Koordinator Bidang Pendidikan BimbinganIslam.com, Yogyakarta (08/01/18).

Insyaalloh, kegiatan Dauroh Ilmiyah Bimbingan Islam akan terus diadakan setiap bulan sekali. Beberapa dauroh mendatang yang in syaa Allah akan coba terus untuk dirutinkan, seperti dauroh Tauhid, manhaj, Tafsir, Hadits. “Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla mudahkan kita untuk terus istiqomah dalam mempelajari ilmu agama ini, terlebih secara sistematis dan teratur”, tutup Pak Abdullah.

Reportase :
Yogyakarta 08/1/2018
Tim Pendidikan BimbinganIslam

CATEGORIES
Share This

COMMENTS