Nikah

Menghalangi Saudara Yang Siap Menikah, Bolehkah?

Menghalangi Saudara Yang Siap Menikah, Bolehkah?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan mengenai bolehkah menghalangi saudara yang siap menikah? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillah, afwan ustadz izin bertanya. Ana mau bertanya apakah boleh menghalangi saudara yang sudah siap menikah sedangkan ana sendiri takut bila saudara ana menikah terlebih dahulu akan membuat ana iri?

Atau sebaiknya ana mendahulukan saudara ana terlebih dahulu? Syukron ustadz. Jazaakallahu khairan.

(Ditanyakan oleh Santri Akademi Shalihah)


Jawaban:

Saudara yang siap menikah itu jangan dihalangi, karena kebutuhan akan pernikahan setiap orang itu tentu beda-beda, boleh jadi ia ingin menikah untuk menjaga harga dirinya dari hasrat dosa dan memenuhi kebutuhan manusiawi lainnya.

Baca Juga:  Menikahi Akhwat Yang Jauh Lebih Tua?

Menikah itu ibadah, maka dukunglah saudara anda melakukan ibadah yang diridhai Allah ‘Azza Wa Jalla.

Renungkanlah ayat berikut ini,

وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).

Nikah adalah suatu ketaatan, dan tidak mungkin Allah membiarkan hamba-Nya sengsara ketika mereka ingin berbuat kebaikan semisal menikah.

Jadilah Anda sebagai pembuka pintu kebaikan buat saudara Anda. Selamat berjuang dan berbahagia!

Wallahu Ta’ala A’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:

Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Selasa, 15 Dzulqo’dah 1443 H/ 14 Juni 2022 M


Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI Imam Syafi’i Jember (ilmu hadits), Dewan konsultasi Bimbingan Islam
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Fadly Gugul حفظه الله تعالى klik di sini

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button