Ibadah

Mengeraskan Bacaan Ketika Sholat Sendiri, Sunnah?

Pendaftaran AISHAH Online Angkatan 2

Mengeraskan Bacaan Ketika Sholat Sendiri, Sunnah?

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Mengeraskan Bacaan Ketika Sholat Sendiri, Sunnah? selamat membaca.

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum ustadz. Seorang yang sholat munfarid apakah wajib baginya men-jahr-kan bacaan saat sholat subuh, Maghrib dan isya? Atau hukumnya Sunnah? Apabila tidak men-jahr-kan, apakah sholat nya tetap sah? Demikian, terimakasih

Ditanyakan oleh Santri Mahad Bimbingan Islam


Jawaban:

Waalaikumsalam warahmatullah wabarokatuh

Membaca, menjaharkan atau memelankan bacaan sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hukumnya adalah Sunnah. Bila di lakukan mendapatkan pahala dan bila tidak dilakukan tidaklah mendapatkan dosa.

Sehingga silahkan menjahrkan bacaan seperti ketika seorang imam membaca alfatihah dan surat ketika anda shalat sendiri atau tidak mengeraskannya karena pertimbangan keadaan supaya tidak mengganggu orang disekitarnya.

Berkata Syeikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahu pernah ditanya tentang orang yang sholat sendirian dan mengeraskan bacaan surat maka beliau mengatakan:

Baca Juga:  Haruskah Thawaf dalam Keadaan Suci?

يشرع له ذلك كما يشرع للإمام وذلك سنة لكن لا يرفع رفعا يؤذي من حوله من المصلين أو الذاكرين أو النائمين ، لأحاديث وردت في ذلك

“Hal demikian (mengeraskan bacaan surat) bagi orang yang sholat sendirian disyari’atkan, sebagaimana disyari’atkan untuk imam, ini adalah sunnah, akan tetapi jangan terlalu mengangkat suara sehingga mengganggu orang sekitar, baik yang sedang sholat, sedang berdzikir, atau yang sedang tidur.” (Majmu’ Fatawa wa Rasail Syeikh Bin Baz 11/237).

Wallahu a`lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله

Selasa, 2 Rajab 1444H / 24 Januari 2023 M 


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button