Ibadah

Lakukan Cara Ini Untuk Bertaubat Dari Kesombongan!

Mahad Bimbingan Islam (BIAS) belajar Islam terstruktur

Lakukan Cara Ini Untuk Bertaubat Dari Kesombongan!

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan cara ini untuk bertaubat dari kesombongan! Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillāh. Assalāmu’alaikum ustadz. Semoga Allāh selalu merahmati ustadz dan seluruh umat muslim. Ustadz bagaimana cara untuk bertaubat dari kesombongan, apakah sama seperti taubat dari dosa yang lain? Karena kita ketahui bahwa tidak masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan. Jazākallāhu khairan.

(Ditanyakan oleh Santri Kuliah Islam Online Mahad BIAS)


Jawaban:

Waalaikumslam warahmatullah wabarokatuh.

Benar, tidak ada perbedaan terkait dengan taubat seorang hamba, selama syarat taubat terpenuhi dari komitmen yang ikhlas karena Allah untuk meninggalkan kemaksiatan tersebut, ia sesali, bertekat tidak akan mengulangi lagi, dan jika terkait dengan hak manusia ia harus meminta maaf dan mengembalikan/meminta kerelaan dari hak yang terampas, maka insyaallah atas kehendak Allah, Dia akan mengampuni seorang hamba yang benar dalam taubatnya.

Sebagaimana firman Allah ta’ala,

Daftar Grup WA Bimbingan Islam Gratis

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An Nur: 31)

Allah subhanahu wata’ala juga berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai” (QS. At Tahrim: 8)

Juga perbanyak amal kebaikan yang bisa dilakukan, untuk menghapuskan keburukan amal yang pernah kila lakukan di dalam kehidupan ini.

Diriwayatkan dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepadaku:

اتَّقِ اللهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ.

Bertaqwalah dimanapun engkau berada, dan iringilah perbuatan jelek dengan perbuatan baik, niscaya akan menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang mulia”

Khusus perempuan, apakah kamu tahu Akademi Shalihah (AISHAH) Online?

[HR at Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadits hasan shahih”. Juga dishahihkan oleh al Albani di dalam kitab Shahih Sunan at-Tirmidzi, no. 2516]

Selalu evaluasi diri untuk terus meningkat iman yang ada di dalam hati. Seringkali manusia terjebak dengan apa yang diketahui, berharap tidak pernah kita berputus asa dari rahmat Allah, walau berungkali, selama taubat terus dilakukan, Allah Maha mengetahui dan Maha Mengampuni.

Wallahu a`lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Mu’tashim, Lc. MA. حفظه الله
Selasa, 19 Dzulhijjah 1443 H/ 19 Juli 2022 M


Ustadz Mu’tashim Lc., M.A.
Dewan konsultasi BimbinganIslam (BIAS), alumus Universitas Islam Madinah kuliah Syariah dan MEDIU
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Mu’tashim Lc., M.A. حفظه الله klik di sini

Baca Juga:  Cara Bertaubat Dari Riya’
Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Mu’tasim, Lc. MA.

Beliau adalah Alumni S1 Universitas Islam Madinah Syariah 2000 – 2005, S2 MEDIU Syariah 2010 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Syu’bah Takmili (LIPIA), Syu’bah Lughoh (Universitas Islam Madinah) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Taklim di beberapa Lembaga dan Masjid

Related Articles

Back to top button