Jasa Transfer Perbankan

Jasa Transfer Perbankan

Tentang JASA TRANSFER PERBANKAN

Pertanyaan

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz, saya memiliki usaha toko online, dan saya menggunakan jasa bank syariah dalam transaksi, transfer dan pengiriman uang dan satu dari bank konvensional. Apakah dalam hal ini penggunaan jasa transfer diperbolehkan dan termasuk ke dalam perkara darurat ?

Jazakallah khairo

Jawaban

وعليكـمــ اﻟسّلامــ ورحمـۃ اﻟلّـہ وبركاتہ

Jasa transfer pada dasar nya dibolehkan, tapi menjadi masalah, apakah dalam bank syariah sampai pun dalam bank konvensional, transfer adalah sebuah akad tahwil (memindahkan, -pent) yang dibolehkan (dengan syarat, -pent) kalau transfer nya langsung (dan, -pent) Anda tidak disyaratkan harus membuka rekening di sana (bank riba, -pent).

Yang jadi masalah adalah pembukaan rekening, kalau jasa transfer nya, insya Allah tidak masalah. Dan hak bank untuk memotong biaya administrasi transfer ini. Sama Anda menitipkan uang kepada seseorang, sampaikan kepada si Fulan, kemudian dipotong uang Anda biaya pengirimannya, tapi yang menjadi masalah adalah, apakah transfer ini transfer yang harus membuka disyaratkan membuka rekening dengan demikian Anda harus buka rekening. Rekening nya yang jadi masalah. Kalau tanpa rekening, insya Allah tidak masalah.

Tapi ada rekening pembukaan rekening di bank konvensional, ini yang akad nya mengandung riba. Apakah sampai dalam tahap darurat ? saya tidak tahu, lihat kondisi online Anda, bila ada solusi seperti bank syariah, Anda punya dua rekening ada bank syariah, berarti tidak darurat Anda untuk menggunakan bank konvensional ini.

Wallahu ta’ala a’lam.

Dijawab oleh
Ustadz DR. Erwandi Tarmizi, MA

Source
ETA [Erwandi Tarmizi & Associates]
Sabtu, 29 Dzulhijjah 1437 H / 01 Oktober 2016 M