Harta agen penyalur TKW

Harta agen penyalur TKW

Pertanyaan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, Ustadz bagaimanakah hukumnya harta orang yang bekerja sebagai agen pengirim tenaga kerja wanita di luar negeri, yang mana para TKW tersebut

tidak berhijab & bekerjanya tanpa mahrom. Halal/ haramkah harta yang diperoleh? Bisakah harta tersebut diwariskan apabila meninggal? Mohon penjelasnya.

جَزَاك اللهُ خَيْرًا

(Dari Ari Wahyuni di Puri Indah BC 14 Sidoarjo. Jatim-Indonesia Anggota Grup WA Bimbingan Islam No: T05 G-60)

Jawab:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Di antara kaidah syariat yang mulia ialah: haramnya mencari harta melalui profesi/pekerjaan yang dilarang secara syar’i. Berhubung safarnya seorang wanita tanpa mahram adalah sesuatu yang diharamkan secara syar’i berdasarkan banyak hadits shahih; maka orang yang terlibat langsung dalam pengiriman TKW ke luar negeri, apalagi ke negeri Kafir yang sangat membahayakan akidah si TKW tadi; jelas termasuk orang yang tolong-menolong dalam hal dosa, sehingga pekerjaannya tergolong pekerjaan haram, dan gajinya pun menjadi haram.

Ia harus segera bertaubat dengan berhenti dari pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan lain yang halal.

Akan tetapi gaji yang sudah terlanjur diterimanya tidak wajib dia sedekahkan atau kembalikan ke pembayarnya, dan bila yang bersangkutan meninggal, maka ahli waris boleh mewarisi harta tersebut.

Wallaahu a’lam.

Referensi:

http://fatawa.alukah.net/content/1743

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS