Faedah Hadist

Fawaid Hadist #91 | Keutamaan Shalat Dhuha

Fawaid Hadist #91 | Keutamaan Shalat Dhuha

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan serial fawaid hadist, Fawaid Hadist #91 | Keutamaan Shalat Dhuha. Selamat membaca.


عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضًا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيْحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيْدَةٍ صَدَقَةٌ، وكُلُّ تَهْلِيْلَهٍ صَدَقَةُ، وَكُلُّ تَكْبِيْرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ. وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى »

Dari Abu Dzar radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Setiap pagi dari persendian setiap anggota tubuh salah seorang dari kalian (harus dikeluarkan) sedekahnya. Setiap tasbih ucapan (Subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (Laa Ilaha Illallah) adalah sedekah, setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah. Memerintahkan kepada kebaikan adalah sedekah, dan mencegah dari yang mungkar juga sedekah. Dan semua itu sudah mencukupi dengan menunaikan shalat Dhuha sebanyak dua rakaat.” (HR. Muslim, no. 720).


Faedah Hadist

Hadist ini memberikan faedah-faedah berharga, di antaranya:

1. Keutamaan shalat Dhuha yang senilai dengan sedekah untuk seluruh persendian dan ini menunjukkan rahmat Allah Ta’ala Yang Maha Luas. Padahal jumlah persendian yang ada pada seluruh tubuh kita sebagaimana dikatakan dalam hadits dan dibuktikan dalam dunia kesehatan adalah 360 persendian. Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah menyebutkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian” (HR. Muslim, no. 1007).

Baca Juga:  Menepuk Punggung Meminta Shalat Berjamaah

2. Bentuk syukur atas anugerah persendian pada tubuh setiap insan adalah dengan sedekah setiap harinya.

3. Sedekah itu tidak terbatas dengan harta, tetapi semua pintu kebaikan adalah sedekah baginya, setiap tahlil, takbir, memerintahkan yang baik, mencegah yang mungkar dan setiap amalan yang mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala baik ucapan mau pun perbuatan, adalah sedekah, bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya),

Sesungguhnya jika kamu membantu seseorang menaiki kenderaannya atau mengangkat barang di atasnya, maka itu merupakan sedekah.” (HR. Muslim, no. 1677)

4. Keutamaan dan kemuliaan memperbanyak amalan ketaatan dengan berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla dan menegakkan Amar Makruf Nahi Mungkar setiap hari.

5. Para ulama mengatakan bahwa dua rakaat shalat Dhuha itu hukumnya sunnah dikerjakan setiap hari. Jika setiap hari kita dianjurkan bersedekah sejumlah ruas tulang ini (360 persendian), maka dua rakaat shalat Dhuha itu dapat mencukupinya, dengan demikian hendaknya shalat Dhuha ini ditunaikan setiap hari untuk memenuhi amalan sedekah ini.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Referensi Utama: Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Shalih al Utsaimin, & Kitab Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilaliy.


Yuk dukung operasional & pengembangan dakwah Bimbingan Islam, bagikan juga faedah hadist ini kepada kerabat dan teman-teman.

Demi Allah, jika Allah memberi hidayah kepada satu orang dengan sebab perantara dirimu, hal itu lebih baik bagimu daripada unta-unta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

[TS_Poll id="2"]

*unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabi ).

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Fadly Gugul, S.Ag

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Ilmu Hadits 2012 – 2016 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Takhosus Ilmi di PP Al-Furqon Gresik Jawa Timur | Beliau juga pernah mengikuti Pengabdian santri selama satu tahun di kantor utama ICBB Yogyakarta (sebagai guru praktek tingkat SMP & SMA) | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Dakwah masyarakat (kajian kitab), Kajian tematik offline & Khotib Jum’at

Related Articles

Back to top button