Wanita

Apakah Ibu Menyusui Sebaiknya Mencoba Berpuasa Sekuatnya Lebih Dahulu?

Mahad Bimbingan Islam (BIAS) belajar Islam terstruktur

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan pembahasan apakah ibu menyusui sebaiknya mencoba berpuasa sekuatnya lebih dahulu? Selamat membaca.


Pertanyaan:

Bismillah. Mau tanya, ustadz. Saya seorang IRT dengan dua anak, anak pertama usia 18 bulan (sudah makan nasi) dan anak kedua usia 3,5 bulan (masih full asi). Pertanyaannya, mana yang lebih utama, apakah saya mencoba puasa sekuat saya dulu dan kalo tidak kuat saya boleh berbuka, atau dari awal hari saya tidak usah puasa?

Karena kadang sangat berat berpuasa sambil mengurus suami, anak-anak dan menyusui, apalagi di rumah tidak ada asisten. Terima kasih sebelumnya.

Kadang saya mencoba menguatkan diri untuk berpuasa tetapi hasilnya amat sangat lemas, bahkan ketika bayi rewel saya tidak kuat menggendong.

Baca Juga:  Lalai Membayar Utang Puasa Ramadan

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Twitter Bimbingan Islam)


Jawaban:

Yang paling afdhal adalah mengusahakan puasa dahulu. Dan jika dicoba ternyata tidak mampu boleh untuk qadha di luar Bulan Ramadhan plus fidyah. Dan jika setelah beberapa bulan (misal saat bayi sudah berusia 1th) dicoba tetap tidak kuat boleh untuk bayar fidyah saja.

Daftar Grup WA Bimbingan Islam Gratis

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
Jumat, 29 Syaban 1443 H/ 1 April 2022 M


Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله
Beliau adalah Alumni STDI IMAM SYAFI’I Kulliyyatul Hadits, dan Dewan konsultasi Bimbingan Islam,
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله klik di sini

Akademi Shalihah Menjadi Sebaik-baik Perhiasan Dunia Ads

Ustadz Rosyid Abu Rosyidah, S.Ag., M.Ag.

Beliau adalah Alumni S1 STDI Imam Syafi’I Jember Hadits 2010 - 2014, S2 UIN Sunan Kalijaga Qur’an Hadits 2015 - 2019 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dynamic English Course (DEC) Pare Kediri, Mafatihul Ilmi (Ustadz Dzulqarnaen) sedang diikuti | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Kuliah Pra Nikah Naseeha Project

Related Articles

Back to top button