Difitnah Ibu Sendiri

Difitnah Ibu Sendiri

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bagaimana sikap saya kepada Ibu ketika saya difitnah dengan laki-laki. Sudah saya jelaskan tapi tidak juga dipercaya. Saya satu-satunya dikeluarga yang sudah mengaji dan qodarullah belum mendapat dukungan dari keluarga.

Mohon nasehatnya, Ustadz.

Jazakalloh khoir..

(Pertanyaan dari Hamba Alloh di Bogor)

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

بسم ا لله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد

Pertanyaannya kurang jelas…

Fitnah dengan seorang laki-laki bagaimana yg dimaksud? Apakah dituduh pacaran/selingkuh dengan seorang laki-laki atau bagaimana?

Apa pun bentuk fitnahnya, tentu ada penyebabnya… nah kami  tidak tahu apakah itu? Sehingga kami kesulitan untuk menjawabnya. Kami rasa penyebabnya bukan karena si gadis ini satu-satunya yg mengaji dalam keluarga, karena bila ia benar-benar mengaji dan mengamalkan ajaran islam yg ia dapatkan dalam kajian, ia akan menjadi anak yang lebih baik perilakunya kepada ortu dan keluarga, bukan sebaliknya. Kecuali jika keluarganya adalah non muslim atau orang yang sangat memusuhi ajaran islam yg benar (walau mungkin mengaku muslim), maka baru kami bisa memahami.

Intinya ialah ortu tetap punya hak untuk dipergauli dengan baik oleh anaknya, walaupun beda agama. Jadi, anda tetap berbakti kepada ortu walaupun mereka berlaku kasar kepada anda, sebagaimana teladan Nabi Ibrahim dalam menyikapi ayah kandungnya. Silakan baca di QS. Maryam: 41-48.

Doakan saja kedua ortu tersebut agar diberi hidayah, jika memang mereka yang salah dlm hal ini. Dan berdoalah bagi diri anda agar dibimbing ke jalan yg lurus dalam menyikapi orang tua.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

CATEGORIES
Share This

COMMENTS