FiqihKonsultasi

Posisi Shaf Perempuan Di Samping Laki-Laki Saat Sholat Jamaah

Pendaftaran Grup WA Madeenah

Posisi Shaf Perempuan Di Samping Laki-Laki Saat Sholat Jamaah

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan tanya jawab, serta pembahasan tentang Posisi Shaf Perempuan Di Samping Laki-Laki Saat Sholat Jamaah. selamat membaca.


Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Allah merahmati ustadz dan seluruh kaum muslimin dimanapun kita semua berada.

Ustadz izin bertanya bagaimakah hukumnya jika posisi jamaah perempuan ditempatkan di samping jamaah laki-laki dalam shalat dipisahkan dengan tirai atau tembok yang bisa mengakibatkan shaf shalat antara perempuan dan laki-laki bisa sejajar bukan laki-laki di barisan depan lalu baru jamaah perempuan di bagian belakang.

جزاك اللهُ خيراً

Ditanyakan oleh Santri Mahad Bimbingan Islam


Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Ini perbuatan yang menyelisihi sunnah dan kurang sempurna dalam shalat berjama’ah karena shaf terbaik bagi perempuan dibelakang tetapi sholatnya sah sebagaimana hadis dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wasalam bersabda

أَحْسِنُوا إِقَامَةَ الصُّفُوفِ فِي الصَّلَاةِ خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ فِي الصَّلَاةِ أَوَّلُهَا وَشَرُّهَا آخِرُهَا وَخَيْرُ صُفُوفِ النِّسَاءِ فِي الصَّلَاةِ آخِرُهَا وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا

“Perbaikilah shaf kalian di dalam salat, sebaik-baik barisan laki-laki di dalam salat adalah yang pertama dan yang terjelek adalah yang terakhir. Dan sebaik-baik barisan salat perempuan di dalam salat adalah yang terakhir dan yang paling jelek adalah yang pertama.” (HR. Ahmad 9900, Muslim 440, Abu Daud 678, dan at-Tirmidzi 224.)

Wallahu a’lam bish-shawab

 

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Fikri Hilabi, S.Ag. حافظه الله

Related Articles

Back to top button