KonsultasiManhaj

Ciri Orang Bermanhaj Salafi dari Penampilan & Tontonan

Ciri Orang Bermanhaj Salafi dari Penampilan & Tontonan

Para pembaca Bimbinganislam.com yang memiliki akhlaq mulia berikut kami sajikan Ciri Orang Bermanhaj Salafi dari Penampilan & Tontonan, selamat membaca.


Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tadz, saya ingin bertanya:
1. Bagaimana cara mengetahui ikhwan bermanhaj salafi? dilihat dari segi apa?
2. Di luar terlihat seperti apa penampilannya?
3. Manhaj salafi apakah boleh melihat/nonton tv? (box office, drama korea, dll.)
4. Bagaimana hukumnya istri meninggal, suami langsung nikah lagi berdasarkan quran & hadits?

جزاك الله خيرا

(Dari Fulanah Anggota Grup Sahabat BiAS)


Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Apa itu Manhaj Salafi?

Manhaj Salafi adalah metodologi di dalam beragama. Metodologi dalam mempelajari, mengamalkan dan mendakwahkan Islam. Dan manusia menempuh metode yang beraneka ragam dalam hal ini.

Namun hanya satu metode yang diridhai oleh Allah dan Rasul Nya. Yaitu Manhaj Salaf/ metodologi salaf, artinya seseorang menjalankan syariat agama Islam ini dengan berdasarkan dalil Al-Qur’an dan As-Sunnah yang mencocoki praktik beragamanya kaum Salaf dari kalangan para sahabat, tabi’in dan tabiut tabi’in.

Wajibnya Bermanhaj Salaf

Banyak sekali dalil yang menjelaskan kewajiban mengikuti manhaj salaf ini. Artinya jika praktik beragama kita menyelisihi praktik beragamanya kaum salaf itu artinya kita sedang berada di atas jalan yang keliru. Allah ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَىٰ وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّىٰ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ ۖ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Dan barang siapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin (Jalannya para sahabat-pent) , Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dilakukannya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (QS An-Nisa’ : 115).

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam saat menjelaskan jalan keselamatan beliau bersabda:

عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ، تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

“Berpegang teguhlah kamu kepada sunnahku dan sunnah para Khulafa’ (pengikutku) yang mendapat petunjuk, berpegang teguhlah kamu padanya dan gigitlah dengan geraham-geraham (mu), dan jauhilah hal-hal yang diada-adakan (dalam agama) karena setiap yang baru itu adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah kesesatan.” (HR. Abu Dawud dan yang lainnya, dishahihkan oleh Ibnu Majah dan Syaikh Albani).

Seperti Apa Penampilan Seorang yang Bermanhaj Salafi

Karena manhaj salaf ini merupakan metodologi maka ia tidak bisa dideteksi dengan tampilan luar. Bagi yang ingin mengetahui hakikat manhaj salaf maka ia harus mempelajari prinsip-prinsip beragama menurut para ulama’ salaf dengan membaca kitab-kitab tentang prinsip sunnah menurut ulama salaf.

Seperti kitab Ushulus Sunnah Imam Ahmad, Kitab Syarhus Sunnah Imam Al Muzani, Aqidatus Salaf Ashabil Hadits Imam Ash-Shabuni dll. Barangsiapa menolak satu dari sekian prinsip sunnah tersebut maka ia tidak sedang berjalan di atas manhaj salaf.

Bolehkah Menonton TV?

Islam hanya mengizinkan untuk melihat siaran-siaran yang baik. Adapun box office, film yang mengandung banyak larangan Islam seperti musik, para wanita, aurat yang terbuka, adegan pacaran, perselingkuhan dll maka ini hal-hal yang tidak boleh disaksikan atau ditonton. Dan wajib menjaga diri darinya.

Suami Langsung Menikah Setelah Istri Meninggal

Suami boleh menikah langsung setelah istrinya meninggal karena pernikahan yang langsung ini tidak menimbulkan efek buruk. Berbeda dengan wanita yang ditinggal mati suaminya ia tidak boleh langsung menikah namun menunggu masa iddah dalam rangka untuk menjaga kejelasan nasab.

Maksudnya seandainya dia hamil akan diketahui siapa ayah dari bayi yang ia kandung. Tapi jika langsung menikah maka menjadi rancu, apakah bayi ini anak dari suami pertama atukah anak dari suaminya yang kedua, Wallahu a’lam.


Dijawab oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله
Rabu, 7 Shafar 1443 H/ 15 September 2021 M


 Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA.
Dewan konsultasi Bimbingan Islam (BIAS), alumni MEDIU, dai asal klaten
Untuk melihat artikel lengkap dari Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله  
klik disini

 

Baca Juga :  Bolehkah Mendo'akan Lawan Jenis yang Bukan Mahram di Dalam Hati ketika Sujud dalam Sholat Fardhu?

USTADZ ABUL ASWAD AL BAYATI, BA.

Beliau adalah Alumni S1 MEDIU Aqidah 2008 – 2012 | Bidang khusus Keilmuan yang pernah diikuti beliau adalah Dauroh Malang tahunan dari 2013 – sekarang, Dauroh Solo tahunan dari 2014 – sekarang | Selain itu beliau juga aktif dalam Kegiatan Dakwah & Sosial Koordinator Relawan Brigas, Pengisi Kajian Islam Bahasa Berbahasa Jawa di Al Iman TV

Related Articles

Back to top button